Dokter Kecil Mahir Gizi Kini Hadir Versi Online

Dokter Cilik mahir gizi 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane
VIVA.co.id
Ini Manfaat Punya Dokter Kecil di Sekolah-sekolah
- Dokter Kecil-Mahir Gizi (DKMG) ini adalah sebuah program yang mengedepankan pemahaman serta pengetahuan anak mengenai gizi di tubuhnya. Program ini mendapat dukungan besar dari pemerintah terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI).

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Program yang berjalan sejak 2008 dan diinisasi oleh Nestle Dancow Fortigro ini, kini diluncurkan juga dalam versi
Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah
online agar semakin menjamah seluruh lapisan daerah di Indonesia.


Program DKMG versi
online
dibekali dengan modul pelatihan yang berisi 10 tanda umum anak bergizi baik, pengetahuan mengenai gizi, sumber energi, zat pengatur dan zat pembangun, penyusunan menu bergizi, pengukuran status gizi serta praktik penyuluhan gizi hingga kiat memilih jajanan yang sehat.


"Anak itu memiliki sifat dan rasa ingin tahu yang besar juga biasanya pengikut. Jadi, dengan adanya program DKMG secara online, rasa ingin tahunya terbayar," ujar Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK dalam acara Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 Hadirkan Versi Online di Kemendikbud RI, Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.


Lebih lanjut, program DKMG telah menjangkau lebih 1 juta siswa dari 2.105 Sekolah Dasar di 38 kota di Indonesia. Tujuan lebih spesifiknya adalah untuk menjadi wadah untuk murid-murid berpartisipasi sehingga terbentuknya dokter kecil yang tersebar di berbagai sekolah sehingga mampu menjadi panutan bagi para anak lain.


Untuk menjadi dokter kecil, cukup dengan mendaftarkan tim yang terdiri dari empat siswa-siswi dan satu guru lalu membentuk proyek kreatif mengenai penyebaran informasi gizi pada anak. Proyek tersebut harus berpegang teguh pada modul pelatihan yang dipersiapkan oleh PDGMI yang juga bisa dilihat secara online usai pendaftaran di situs www.fortigro.dancow.co.id sehingga dilakukan seleksi oleh tim juri.


"Di dalam modul DKMG
online
, kami melakukan pendampingan peserta dari awal hingga akhir proses seleksi secara online dan memilih
project
terbaik dengan ide yang menginspirasi," kata Yustina.


Tim juri yang menyeleksi terdiri dari wakil Nestle Indonesia, PDGMI, dan Kemendikbud RI. Seluruh pemenang DKMG nantinya akan berkumpul pada malam penganugerahan di Jakarta pada bulan Desember mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya