Inovasi Dokter Cilik Ini Bantu Perbaiki Gizi Anak

Dokter Cilik Mahir Gizi 2016
Sumber :
VIVA.co.id
Ini Manfaat Punya Dokter Kecil di Sekolah-sekolah
- Dua gadis cantik yang baru duduk di kelas 5 bangku sekolah dasar ini sudah mampu membuat inovasi unik. Apalagi, kreativitasnya ini sangat membantu mengatur keseimbangan gizi di tubuh teman sebayanya.

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Mewakili tim dokter kecilnya, dua orang gadis pintar ini memaparkan proyek yang membuat timnya menjadi yang terbaik. Hana dan Zahrah mewakili tim dokter cilik dari SD 01 pagi Johor Baru, Jakarta Pusat dengan tema proyeknya yang tidak biasa.
Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah


"Judul
project
kami adalah Transportasi Gizi Seimbang.
Project
ini bertujuan agar mempermudah pemahaman dan pengenalan tentang pentingnya gizi seimbang," ujar Hana dan Zahra bergantian sambil mendemonstrasikan proyek miliknya dalam acara Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 Hadirkan Versi Online, Kemendikbud RI,Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.


Menurut keduanya, gizi seimbang harus mencakup sumber dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Melalui proyek ini, anak-anak di sekolahnya diajak untuk bermain dalam mengumpulkan kartu gizi di dalam truk seimbang.


"Jadi ada truk seimbang yang boleh jalan kalau kartu gizinya sudah sesuai dengan gizi seimbang yang dianjurkan," jelas keduanya secara bergantian.


Proyek ini dilakukan seminggu dua kali bersama anak-anak lain di sekolah. Tidak hanya itu, tim dokter cilik tersebut juga melakukan senam masal dan setelahnya melakukan makan bersama.


"Masing-masing bawa bekal buat makan bersama. Karena rutin, kantin jadi bersih dari pedagang yang menjual makanan nggak sehat dan mengandung MSG," jelas kedua gadis kecil itu.


Perlu diketahui, Program Dokter Kecil Mahir Gizi telah diterapkan setiap tahunnya dengan menyeleksi pemenang dari project terbaik. Kini, program tersebut telah diluncurkan secara
online
sehingga mempermudah para tim yang ingin mendaftarkan serta mengajukan proyek uniknya di www.fortigro.dancow.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya