Studi: Minuman Energi Dapat Membuat Irama Jantung Abnormal

Ilustrasi minum
Sumber :
  • Pixabay/priyanka98742
VIVA.co.id
Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat
- Minuman dengan kadar kafein tinggi dapat membuat jantung Anda keluar dari ritmenya. Kasus ini menambah laporan sebelumnya yang terkait dengan mengonsumsi minuman berenergi, termasuk irama jantung yang abnormal (aritmia).

10 Daftar Buah untuk Menguatkan Jantung Lemah
Pasien adalah seorang pria 28 tahun yang terlihat di gawat darurat setelah muntah darah. Pada pemeriksaan, satu-satunya kelainan (selain obesitas) adalah denyut jantung sangat cepat, sekitar 130 denyut per menit.

Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi
Elektrokardiogram mengungkapkan irama jantung yang abnormal disebut atrial fibrilasi, jenis umum aritmia yang dapat menyebabkan komplikasi serius jika berkelanjutan. Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan tidak ada masalah jantung lainnya.

Dilansir laman Times of India, pasien mengatakan ia rutin minum dua minuman energi per hari, dengan total kandungan kafein 320 miligram, bersama dengan dua atau tiga gelas bir. 

Meskipun beberapa faktor mungkin telah berkontribusi unuk fibrilasi atrium pasien, penulis utama Sattari Maryam dari University of Florida dan rekannya, "kami percaya bahwa konsumsi minuman energi memainkan peran kunci."

Studi yang muncul dalam Journal of Addiction Medicine, menjelaskan bahwa mereka menunjukkan 160 miligram kandungan kafein dari minuman energi adalah sekitar empat kali lebih tinggi daripada minuman ringan berkafein.

Sebuah tinjauan dari penelitian medis mengidentifikasi, setidaknya delapan kasus kejadian kardiovaskular terkait dengan minuman energi. Para peneliti mendiskusikan beberapa mekanisme yang memiliki kandungan kafein tinggi dari produk minuman yang menyebabkan kardiovaskular.

Hal ini termasuk bahan-bahan lain seperti taurin, yang mungkin meningkatkan efek kafein, menggunakan minuman energi bersama dengan alkohol atau obat-obatan terlarang, atau tingkat stres yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya