Orangtua Penyebab Utama Anak Terkena Gizi Buruk

Ilustrasi anak sarapan
Sumber :
  • Pixabay/ImageBG

VIVA.co.id - Menerapkan pola hidup sehat pada anak, memang tidak mudah memulainya. Banyak orangtua yang beranggapan bahwa konsumsi jajanan di sekolah yang jauh dari standar gizi adalah penyebab buruknya pola hidup sehat anak.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Padahal tidak selalu demikian, pola hidup sehat seharusnya dimulai dari rumah. Banyak pakar atau para ahli yang memaparkan bahwa anak harus diberikan pola hidup sehat mulai dari lingkungan pertamanya yaitu keluarga.

"Dari pengamatan kami (PDGMI), kendalanya saat ini justru di mulai sejak anak mengenal lingkungan pertama yaitu keluarga," ujar ahli gizi, Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK dalam acara Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 Hadirkan Versi Online, di Kemendikbud, Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.

Dituturkan oleh Ani, menurutnya orangtua harus mengajarkan pola hidup sehat pada anak dengan menyediakan bekal makan siang yang sehat, agar disekolah anak bisa memilah apa yang baik dan tidak untuk dikonsumsi anak.

Selain orangtua, lingkungan kedua yang berpengaruh terhadap pola hidup sehat anak adalah sekolah. karena itu, sekolah juga dituntut untuk memberikan fasilitas yang memadai untuk anak.

"Fasilitas infrastruktur sekolah masih kurang, padahal tim medis sudah mengajarkan hal-hal kecil namun penting," jelasnya.

Menurutnya, hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan sediakan sarana mencuci tangan dengan cepat, memang masih sulit dijangkau. Untuk itu, perlu adanya kerjasama dari pihak sekolah agar memenuhi syarat tersebut guna memberikan pola hidup yang sehat.

"Seperti masih kurang aktifnya sekolah dalam menangani pedagang yang menjual makanan yang cenderung mengandung MSG. Padahal itu adalah tugas sekolah juga menjaga dari segi asupan makan anak," kata dia.

Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun
Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016