Pernah Menjalani Operasi, Wanita akan Mudah Hamil

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi
VIVA.co.id
Penyakit Ini Picu Kematian Wanita saat Persalinan Meningkat
- Sebuah penelituan terbaru mengungkapkan bahwa para wanita yang pernah menjalani operasi usus buntu atau amandel di usia mudanya punya peluang besar untuk cepat hamil.

Ingin Hamil, Sara Wijayanto Ikuti Akupuntur Rahim

Dilansir laman
Akan Melahirkan, Tya Ariestya Malah Sedih
The Sun , para peneliti di University of Dundee melihat catatan medis ratusan ribu wanita di Inggris dan menemukan bahwa mereka yang pernah menjalani operasi usus buntu dan amandel punya peluang lebih besar untuk hamil. Hampir 60 persen di antaranya berhasil menjadi ibu, dan mereka juga menjalani operasi itu saat masih berusia muda.


Sementara itu, 54,4 persen dari wanita yang pernah hamil, usus buntunya pernah diangkat dan 53,4 persen di antaranya amandelnya sudah pernah dioperasi. Data ini dibandingkan pada 43,7 persen dari populasi yang ada.


Kemungkinan kehamilan yang dialami wanita yang pernah menjalani kedua operasi ini menjadi 59,7 persen lebih tinggi dibandingkan populasi sisanya yakni sekitar 43,7 persen.


Di antara wanita yang pernah operasi usus buntu, mereka punya peluang 54,4 persen bisa hamil. Sedangkan yang pernah operasi amandel peluangnya 53,4 persen. Sementara mereka yang menjalani kedua operasi itu umumnya mengandung di usia yang lebih muda. Kemudian diikuti oleh wanita yang operasi usus buntu dan operasi amandel.


"Kami menemukan bahwa wanita yang pernah menjalani pembedahan usus buntu atau amandel, atau secara khusus keduanya, kemungkinan besar bisa hamil lebih cepat dibanding yang tidak pernah," kata dosen senior klinis di konsultan ahli bedah dengan NHS Tayside Sami Shimi.


Penemuan ini, lanjut Shimi, dapat menjadi bukti ilmiah untuk menangkis mitos dari efek operasi usus buntu terhadap kesuburan. Kini para peneliti akan memfokuskan pada apa yang mendasari hal ini terjadi.


Namun, dokter memberikan peringatan bahwa penemuan ini bukan menjadi alasan untuk langsungĀ  melakukan operasi usus buntu agar kesuburan meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya