Perhatikan Durasi yang Tepat untuk Keramas

ilustrasi creambath
Sumber :
  • pixabay/jackmac34

VIVA.co.id - Jika ingin memiliki rambut indah dan sehat, merawat rambut tentunya akan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Namun banyak orang yang hanya fokus mempercantik tampilan rambut saja tanpa memerhatikan kondisi kesehatan kulit kepala. Padahal, jika kondisi kulit kepala sehat tentunya akan berdampak pada sehatnya akar rambut.

Rambut memang memiliki fasenya sendiri untuk memperbaiki dirinya, namun bukan berarti kita abai dengan kesehatannya. Hal serupa juga diungkapkan spesialis kulit, dr. Eddy Karta SpKK.

"Pada dasarnya rambut memiliki fase penyembuhannya sendiri, tapi kulit kepala juga seharusnya turut diperhatikan. Karena disitulah tempat kutikula yang menjadi nyawa akar rambut," ujar dr. Eddy pada VIVA.co.id, di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2016.

Kutikula rambut yang rusak, biasanya akan melebar sehingga membuat rambut menjadi rontok. Ia butuh waktu selama dua hingga tiga hari untuk kembali merapatkan diri. Karena itu, penting sekali bagi setiap orang untuk memahami durasi saat mencuci rambut.

"Kulit kepala yang terlalu sering dicuci bisa sebabkan iritasi. Maka dari itu, sebaiknya cuci rambut dalam waktu 48 jam (dua hari) sekali agar menghindari kulit kepala yang semakin iritasi," ujarya menjelaskan.

Eddy juga menyarankan agar mempercantik rambut seperti pengeritingan dan mewarnai, tidak dilakukan terlalu sering. Apalagi, jika rambut sudah rusak, akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu helaian baru lagi.

"Pengeritingan dua kali aja. Karena rambut itu tumbuhnya hanya satu sentimeter per bulan, butuh waktu lama nunggu rambut sehat kembali."

Tips Jitu Merawat Rambut Keriting

(mus)

Ilustrasi gangguan jiwa

Bahan Alami untuk Mengobati Kerusakan Rambut

Salah satunya dengan menggunakan mentega.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016