Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA.co.id - Kalsium memiliki peran penting untuk masa pertumbuhan si kecil. Paling umum yang kita ketahui tentang fungsi kalsium hanya sebatas memperkuat tulang dan gigi. Padahal, kalsium juga memiliki peran dalam memperkuat fungsi otot, membekukan darah, hingga memproduksi enzim.

Anak-anak membutuhkan kalsium karena pada usianya, tulang anak sedang berkembang dan membutuhkan kalsium yang cukup. Saat anak berusia 1-3 tahun, setidaknya membutuhkan 700 miligram kalsium perhari. Sedangkan pada anak usia 4-8 tahun, membutuhkan hampir 1000 miligram kalsium perhari.

Meskipun penting, namun seringkali anak-anak kurang asupan kalsium. Padahal banyak cara untuk agar anak dapat asupan kalsium yang tepat untuk pertumbuhannya. Misalnya, Anda bisa mulai untuk teliti terhadap jenis-jenis bahan makanan yang banyak mengandung kalsium. Salah satu sumber terbaik kalsium adalah susu, keju dan yoghurt. Berikut ini, cara mudah menambah asupan kalsium bagi buah hati Anda. seperti dilansir dari laman boldsky.

1. Beberapa laporan menyebutkan, bahwa anak-anak lebih banyak mengonsumsi minuman ringan dibandingkan susu. Jadi, sebaiknya anak-anak mulai dibiasakan untuk mengonsumsi susu.

2. Anak-anak juga suka mengonsumsi buah, Anda bisa menambahkan yoghurt pada salad buah yang Anda sajikan. Yoghurt yang asam akan terasa lebih segar dengan buah.

3. Biarkan anak Anda bermain di luar ruangan saat pagi hari. Sinar matahari pagi kaya akan vitamin D yang meningkatkan penyerapan kalsium.

4. Saat memasak, Anda bisa menyisipkan susu dalam setiap masakan Anda. Misalnya gunakan susu tawar sebagai pengganti santan. Atau dalam puding dan kue yang Anda buat.

5. Ketika membeli roti, pilih roti yang terbuat dari gandum. Roti gandum mengandung kalsium yang dapat dijadikan alternatif tambahan kalsium dalam asupan makanan bagi buah hati Anda.

6. Tambahkan satu sendok susu bubuk dalam smoothies yang Anda buat untuk menambah asupan kalsium bagi buah hati Anda.

7. Jika Anda memilih untuk menambahkan suplemen kalsium untuk anak Anda, terlebih dahulu konsultasikan pada dokter tentang dosis yang tepat untuk diberikan pada buah hati Anda.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

(mus)

Ilustrasi kelapa.

Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Balita

Bagian terbaik air kelapa adalah rasanya yang manis dan rendah kalori

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016