Tips Agar Si Kecil Semangat Gosok Gigi Sebelum Tidur

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bukan hal yang mudah mengajak si kecil untuk sikat gigi sebelum tidur. Jika hal ini Anda alami, mungkin perlu mencoba beberapa cara untuk menarik perhatian si kecil agar mau menyikat giginya.

Kemungkinan besar si kecil menolak untuk menyikat gigi saat malam hari karena sudah terlalu mengantuk. Padahal, sangat penting menjaga kesehatan giginya dengan rutin menyikat gigi sebelum tidur. Untuk itu, beberapa langkah ini dipercaya mampu membuat si kecil menuruti Anda, seperti dilansir dari laman The Sun.

Buat Tantangan

Kebanyakan anak menghindari kegiatan ini karena merasa bukan suasana yang menyenangkan dan cenderung mengganggu jam tidurnya. Padahal, kegiatan ini bisa dijadikan salah satu sesi yang menyenangkan.

Misalnya saja dengan menantang si kecil bernyanyi sambil menyikat gigi. Mungkin juga, dengan memainkan lagu kesukaannya sambil menyikat gigi bisa meningkatkan suasana hatinya.

Tawarkan Beberapa Rasa Pasta Gigi

Tidak semua anak menyukai rasa pasta gigi yang kuat dan aroma mint. Untuk itu, cobalah mencari alternatif lain dengan membeli pasta gigi dengan rasa yang lebih menyenangkan.

Anda bisa memilihkan pasta gigi yang memang sudah banyak dijual seperti rasa stroberi, jeruk atau apel. Namun, harus dipastikan agar si kecil memang menyukai rasa itu sehingga tidak ia muntahkan.

Kompetisi

Kegiatan ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki lebih dari satu anak. Atur sebuah permainan dengan membentuk kompetisi menyikat gigi selama dua menit tanpa henti.

Sehingga, anak bisa terpacu untuk membersihkan giginya sebaik mungkin dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, ini hanya berlaku untuk anak yang memang memiliki rasa kompetetif.

Sikat Gigi Lucu

Biarkan anak untuk memilih apapun yang baik yang berkaitan dengan kegiatan menyikat gigi.

Misalnya saja, biarkan ia memilih pasta gigi yang ia inginkan. Atau bisa juga membuat si kecil memilih sikat gigi yang ia ingin gunakan. Hal ini membuatnya akan semakin semangat untuk melakukan kegiatan menyikat gigi.

Tujuh Manfaat Sikat Gigi Bekas untuk Kecantikan
Sikat gigi elektrik

Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik

Dokter gigi menduga penderita menggunakannya secara tidak wajar.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2016