Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Ilustrasi buah berry
Sumber :
  • Pixabay/Ejaugsburg

VIVA.co.id - Tubuh membutuhkan hormon yang seimbang. Dalam tubuh, hormon berfungsi untuk menjaga kestabilan fungsi organ.

Jika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon, akan sangat memengaruhi kesehatan seseorang, hingga mengakibatkan tidak subur, obesitas, depresi, gejala sulit tidur, menurukan libido hingga rambut rontok.

Beberapa makanan ini bisa dikonsumsi untuk tetap menjaga keseimbangan hormon di tubuh, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Makanan organik

Makanan jenis ini jauh dari bahan kimia, pestisida, dan racun. Sehingga, sangat baik dikonsumsi untuk membentuk kadar hormon yang seimbang di tubuh Anda.

2. Kubis

Brokoli, kol dan kubis diklaim mampu membuat kadar hormon tetap seimbang. Untuk itu, bahan makanan ini sangat baik dimasukkan dalam menu sehari-hari.

3. Serat

Bahan makanan dengan serat tinggi, mampu membuat kadar hormon tetap seimbang. Biasanya kandungan serat mudah ditemukan di gandum dan sayur-sayuran.

4. Kacang

Ragam varian kacang-kacangan juga bisa menyeimbangkan kadar hormon. Karena makanan seperti kacang kedelai dan buncis mengandung estrogen yang baik untuk tubuh.

5. Daun hijau

Dedaunan hijau seperti bayam, kale dan sayuran hijau lainnya sangat membantu tubuh untuk menjaga kadar hormon. Dengan mengonsumsi makanan ini, tubuh akan mudah beradaptasi sehingga kadar hormon akan terjaga.

6. Omega 3 fatty acid

Sudah banyak yang tahu manfaat dari ikan terutama jenis salmon dan tuna yang mengandung omega 3 fatty acid. Namun, tidak hanya ikan tapi kandungan tersebut juga bisa didapatkan melalui olive oil, kacang dan gandum asli.

7. Buah beri

Bahan flavonoid dipercaya dapat menjaga keseimbangan hormon di tubuh. Flavonoid dapat dengan mudah ditemui melalui buah-buahan seperti citrus, beri merah dan anggur yang mampu menjaga keseimbangan hormon.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

(mus)

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017