Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar

kids school
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id - Jika si kecil baru akan menjalani harinya di bangku taman kanak-kanak, biasanya orangtua merasa khawatir jika si buah hati akan rewel menghadapi lingkungan barunya. Belum lagi, Anda perlu menyiapkan segala keperluannya.

Memulai duduk di bangku TK akan menjadi momen yang mengesankan bagi Anda dan si kecil. Tapi, tidak perlu gelisah ataupun bingung saat akan meninggalkan si kecil tanpa kehadiran Anda selama seharian di kelasnya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda dan si kecil coba untuk mengurangi kekhawatiran Anda akan kondisi tersebut, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

1. Kenali sekolah si kecil

Jika sekolah mengadakan orientasi (perkenalan), maka ikuti kegiatan tersebut. Penting juga untuk mengetahui jadwal si kecil di sekolah seperti jam makan siang maupun jam pulang.

Dengan mengetahui jadwalnya, Anda akan terbiasa untuk mulai beradaptasi menyesuaikan dengan kegiatan Anda. Sehingga, hal tersebut nantinya bisa menjadi rutinitas saat si kecil dan Anda mulai menghabiskan waktu di tempat yang berbeda.

2. Hilangkan stres di pagi hari

Untuk Anda yang belum terbiasa, mungkin akan merasakan serangan panik saat harus menyiapkan segala keperluan si kecil di pagi hari. Di mulai dari membuatkan sarapan, membangunkan si kecil untuk bersiap dan bahkan menyiapkan bekal makan siangnya.

Untuk itu, cobalah untuk menyiapkan segala sesuatu tersebut dimulai saat malam hari. Di mana Anda bisa memikirkan menu untuk si kecil ataupun memberi pemahaman agar si kecil mau bangun pagi.

3. Mulai kembangkan pengetahuan

Memulai untuk memahami pelajaran dasar dan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Untuk itu, mulai kembangkan pengetahuan si kecil dari hal-hal sederhana.

Misal, ajarkan si kecil membaca kotak kemasan dari serealnya. Selain itu, Anda juga bisa kembangkan kemampuannya untuk belajar berhitung agar nantinya ia mudah memahami.

4. Berkenalan lebih dahulu dengan kawannya

Jika anda telah mengetahui siapa saja calon kawan buah hati Anda di kelas, Anda bisa mengatur waktu untuk bertemu dan berkenalan terlebih dahulu sebelum sekolah dimulai. Dengan berkenalan duluan, anak Anda akan merasa nyaman di kelas karena sudah ada kawan yang ia kenal. Dengan begitu kelas akan berjalan lancar.

Jadwal Terlalu Padat Mampu Picu Anak Depresi
Cara kreatif seorang ibu.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Banyak cara kreatif ajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016