Usai Melakukan Beberapa Hal Ini, Anda Wajib Cuci Tangan

Cuci Tangan
Sumber :

VIVA.co.id - Kita semua tahu pentingnya mencuci tangan secara rutin sehari-hari. Namun, banyak orang yang secara sengaja tak mencuci tangan mereka, tanpa menyadari apa bahaya yang bisa menghampiri.

Tahukah Anda bakteri yang menempel di tangan adalah cara tercepat dan termudah seseorang menderita penyakit menular seperti hepatitis, influenza, dan batuk. Bakteri-bakteri menempel di tangan bukan hanya dari area-area kotor seperti toilet, namun juga tempat umum, mulai dari pegangan pintu, ponsel, alat fitness di gym, komputer kantor atau kursi halte.

Anda memang tidak bisa mencegah diri untuk tidak menyentuh benda-benda tadi. Namun, Anda bisa mengikuti aturan kebersihan sederhana, yakni mencuci tangan.

Menurut konsultan senior di Departemen Mikrobiologi di Apollo Hospitals di New Delhi, India, Dr Raman Sardana, Anda wajib mencuci tangan sehabis melakukan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir dari Times of India.

-Menggunakan alat transportasi publik atau bahkan kendaraan pribadi, Tak hanya transportasi umum, kendaraan pribadi Anda pun dipenuhi dengan kuman. Jadi selalu cuci tangan Anda setiap sampai di tempat tujuan.

-Menggunakan alat-alat olahraga di gym. Para peneliti percaya bahwa gym adalah tempat yang memiliki aktivitas kuman yang tinggi. Salah satu virus paling berbahaya, norovirus, yang mampu mengakibatkan sakit perut dan diare, umum ditemukan di permukaan alat-alat gym.

-Menggunakan toilet di rumah atau di luar rumah. Anda harus mencuci tangan setiap habis menggunakan toilet. Jangan lupa untuk menggunakan sabun.

-Anda juga harus mencuci tangan setelah mengunjungi atau menjenguk pasien yang sakit. Begitu pula sebelum makan dan memberi makan, serta sebelum juga sesudah minum obat.

Sering Dianggap Sepele, Ini Lima Kesalahan Mencuci Tangan

(mus)

Ilustrasi mencuci tangan anak.

Setop, Jangan Terlalu Sering Mencuci Tangan Anak

Hal ini tidak dianjurkan.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2018