Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Ilustrasi Peregangan
Ilustrasi Peregangan
Sumber :
  • realhomegymreviews.com

VIVA.co.id - Peregangan adalah aktivitas fisik atau olahraga di mana otot atau urat tertentu di dalam tubuh dilenturkan atau diregangkan untuk meningkatkan fleksibilitas atau mengurangi ketegangan di area tersebut.

Meregangkan tubuh dapat meningkatkan elastisitas otot di area yang diregangkan dan juga memberikan kelegaan pada daerah yang tegang. Karena itu, dapat memberikan rasa nyaman pada orang yang melakukannya.

Meregangkan tubuh sebenarnya adalah akivitas instingtif yang dilakukan kebanyakan hewan ketika mereka lelah atau malas. Namun, meregangkan tubuh juga dilakukan sebelum dan setelah olahraga untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan mencegah cidera.

Kebanyakan atlet dan orang yang berolahraga secara rutin melakukan sejumlah peregangan yang bertujuan untuk merelaksasi berbagai otot di tubuh.

Selain itu, ada banyak lagi manfaat kesehatan melakukan peregangan setiap hari walau hanya dalam beberapa menit saja. Berikut adalah daftar manfaatnya seperti dikutip dari laman Boldsky.

Memberikan Energi Secara Instan

Peregangan dapat membuat Anda merasa lebih aktif dan berenergi seketika karena peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh hanya dengan beberapa gerakan saja.

Meningkatkan Keseimbangan

Menurut sebuah penelitian, peregangan dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan membuat Anda lebih fleksibel dan dapat mengendalikan gerak tubuh Anda.

Mengurangi Rasa Sakit

Peregangan di wilayah tertentu pada tubuh seperti punggung, leher, dan pundak dapat mengurangi rasa sakit di wilayah tersebut karena aliran darah yang dihasilkan dari peregangan tersebut dapat mengurangi peradangan.

Mengurangi Kekakuan

Peregangan dapat menjadi cara efektif dalam merelaksasi dan mengendurkan ketegangan dan otot serta sendi yang kaku, karenanya dapat meningkatkan fleksibilitas Anda.

Memberikan Hasil Olahraga Lebih Baik

Peregangan yang dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga dapat meningkatkan efektivitas olahraga Anda, selain itu juga membantu menurunkan berat badan atau membentuk otot menjadi lebih mudah.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut sejumlah penelitian, peregangan yang dilakukan secara rutin diketahui dapat mengurangi kadar gula darah, akibatnya dapat mencegah diabetes.

Mengurangi Stres