Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Balita

Ilustrasi kelapa.
Sumber :
  • Pixabay/ shedreamsinpink

VIVA.co.id - Air kelapa diketahui bisa dijadikan sebagai pengobatan dan baik untuk kesehatan. Namun ada pemahaman yang salah bahwa air kelapa tidak baik untuk balita.

Daging kelapa memang cukup keras untuk dikunyah anak balita dan bayi yang mungkin bisa menyebabkan masalah pencernaan. Tapi tidak halnya dengan air kelapa.

Sudah dibuktikan bahwa air kelapa segar semurni air garam yang digunakan untuk sterilisasi. Bagian terbaik dari air kelapa adalah rasanya yang manis namun rendah kalori dan mengandung semua vitamin, mineral, dan garam yang penting bagi tubuh.

Berikut ini adalah manfaat baik air kelapa bagi balita seperti dilansir laman Boldsky.

Hidrasi

Manfaat air kelapa akan benar-benar terlihat saat musim panas ketika anak-anak mengalami dehidrasi karena panas. Air kelapa bisa menjadi sumber hidrasi yang baik bagi mereka.

Penyembuh Penyakit Gastrointestinal

Air kelapa dapat membantu berbagai penyakit gastrointestinal pada anak-anak seperti gangguan pencernaan, ulkus lambung, diare, disentri, perut kembung, muntah, dan dispepsia.

Meredakan Konstipasi

Konstipasi menjadi masalah umum yang terjadi pada anak-anak dan sangat mengkhwatirkan orangtua. Dengan memberikan air kelapa dengan rentang waktu yang teratur akan membantu menghidrasi dan meredakan konstipasi pada anak-anak.

Menyembuhkan Muntah-muntah

Air kelapa dapat menenangkan perut dan meminumnya dengan rentang waktu yang teratur dalam sehari dapat mengurangi masalah muntah-muntah yang sering terjadi pada balita maupun bayi.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa bersifat diuretik dan meminumnya dapat membantu mengaliri infeksi di kandung kemih dan saluran kemih. Bagi mereka yang menderita batu ginjal, meminum air kelapa secara rutin dapat membantu memperbaiki kondisi ini.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air kelapa dapat menjadi pelembap dan toner yang baik bagi kulit balita Anda. Air kelapa dapat melembapkan kulit dari dalam dan mengurangi minyak yang berlebihan. Kandungan antibakteri, antimikroba, dan antivirusnya dapat mengobati infeksi kulit secara efektif, karena itu air kelapa dapat mengurangi timbulnya jerawat pada kulit dan noda pada kulit buah hati Anda.

Kandungan biokimia air kelapa yang disebut peptida, mengandung antimikorba karena itu ada penekanan dalam menemukan obat alamiah untuk melawan infeksi mikroba di beberapa tahun terakhir yang sebagian besar terdapat pada kelapa.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?
Ilustrasi AC

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Pilih yang mampu mengurangi virus dan bakteri.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016