Bahaya Maag Kronis yang Bisa Picu Tukak Lambung

Ilustrasi sistem pencernaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit. Penyebabnya bisa karena penderita memiliki pola makan yang buruk atau sebab lain.

Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang ‘kambuh’ apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau terlalu banyak makan makanan yang terlalu asam, atau terlalu pedas.

Namun, tidak hanya itu informasi seputar maag yang perlu Anda tahu. Penting untuk mengetahui dan mengatasi penyebab dasar maag, karena kadang-kadang kondisi radang yang baru bisa kambuh kembali. Peradangan pada lambung atau dengan istilah medis adalah tukak lambung.

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Bila sakit maag yang sudah kronis dan tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan tukak atau luka pada lambung ini.

Dokter dr. Adnan Yusuf dari MeetDoctor pun menjelaskan bahwa  penyebab umum yang dapat menurunkan perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung meliputi infeksi bakteri dan obat. Merokok dan konsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko tukak lambung ini.

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Bila sakit maag yang sudah kronis dan tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan tukak atau luka pada lambung.

Lalu, apa saja gejala dari tukak lambung?
 
"Gejala utama yang akan Anda rasakan jika mengalami tukak lambung adalah nyeri atau perih pada perut. Rasa sakit tersebut muncul karena terjadinya iritasi akibat asam lambung yang membasahi luka," kata dr Adnan.

Gejala yang lain adalah terasa makin parah saat perut kosong, hilang lalu kambuh beberapa hari atau minggu kemudian, nyeri ulu hati, tidak nafsu makan, dan mual.

Cara Alami Atasi Sakit Maag
Ilustrasi organ lambung.

Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia

Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016