Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia

Ilustrasi organ lambung.
Sumber :

VIVA.co.id - Asam Lambung atau GERD, adalah kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Penyakit asam lambung dapat terjadi pada usia lanjut karena perubahan di lambung akibat proses penuaan. Tapi, penyakit asam lambung tidak diderita hanya usia lanjut saja. Dari usia muda sampai usia lanjut bisa menderita penyakit asam lambung ini.

Lalu, apa terapi atau obat untuk penderita asam lambung usia 65 tahun?

dr. Adnan Yusuf dari MeetDoctor menjelaskan, orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung karena sistem tubuh mereka tidak bisa memproduksi asam lambung yang seimbang, karena itu mereka lebih rentan kembung.
 
Untuk itu, cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke menu makanan yang rendah lemak dan bergizi. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan seperti antasida dapat membantu meringankan gejala.

Karena Tikus, Banyak Warga Bantul Meninggal Dunia

Jika antasida kurang membantu, maka biasa dokter akan menganjurkan konsumsi obat golongan ranitidine atau bahkan omeprazole yang bersifat menghambat keluarnya asam lambung.

"Pemberian vitamin B12 juga biasa dilakukan. Selain itu, penting untuk menghindari aneka makanan yang asam dan pedas, hindari kopi, alkohol dan rokok, untuk mengurangi iritasi pada dinding lambung," kata dr Adnan.

Dan yang terpenting juga lanjut dr Adnan, kebiasaan stres juga dapat merangsang produksi asam lambung. Jadi, sebaiknya Anda menghindari stres. Perlu diketahui, asam lambung jika tak segera diobati, dampaknya pun bisa sangat fatal, yakni menyebabkan kompilkasi.

"Komplikasi yang sering terjadi adalah robeknya lapisan lambung di titik radang, dan terjadi pendarahan di titik radang."

Wapres Dukung Program Anti-Aging di Indonesia

(mus)

Ilustrasi sistem pencernaan.

Bahaya Maag Kronis yang Bisa Picu Tukak Lambung

Apa itu tukak lambung?

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016