Nafsu Makan Membabi Buta, Ini 7 Tips untuk Meredamnya

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Nafsu makan bukan hanya berkaitan dengan dorongan fisik saja. Tapi juga berkaitan dengan kondisi psikis seseorang. Ketika suasana hati sedang menurun, orang cenderung akan makan banyak. Saat stres pun makan menjadi cara untuk meredakannya.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Ketika merasa bosan, ngemil juga sering menjadi pilihan aktivitas yang dilakukan. Kebiasaan ini membuktikan bahwa rasa lapar bukan satu-satunya motif yang mendorong seseorang untuk makan. Lapar merupakan aspek fisik sementara suasana hati dan stres adalah kondisi psikologis. Jadi, seseorang makan justru bukan untuk menghilangkan rasa lapar tapi juga untuk memuaskan pikiran dan indera perasa.

Inilah kenapa sekarang banyak obat yang beredar untuk menekan nafsu makan serta meluruhkan lemak. Namun, Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan karena menurut laman Boldsky, ada cara alami yang lebih aman untuk diikuti. Berikut caranya:

TERPOPULER: Tips Alami Tambah Berat Badan dan Penyakit Tersembunyi yang Wajib Diwaspadai!

Sarapan

Sarapan di pagi hari, akan menghindarkan Anda dari makan berlebih saat makan siang. Banyak penelitian dan survei yang membuktikan bahwa mereka yang tidak sarapan cenderung makan lebih banyak.

Rahasia Cantik Sophia Latjuba, Makin Menua Makin Awet Muda dan Bersinar

Penekan nafsu makan

Beberapa jenis makanan seperti apel dan teh hijau mampu menekan nafsu makan Anda. Jadi masukan makanan ini ke dalam menu Anda.

Hindari ngemil

Jangan ngemil saat Anda menonton televisi dan jangan gunakan makanan manis sebagai cara untuk menenangkan diri Anda. Semua kebiasaan ini akan menjadi kebiasaan makan emosional dan menyebabkan nafsu makan Anda menjadi tidak terkontrol.

Makanlah dalam keadaan sadar dan dapatkan tidur berkualitas

Kebiasaan ini dapat membantu Anda menjaga nafsu makan secara sehat. Makan dengan penuh kesadaran membantu tubuh Anda mengirimkan sinyal ketika Anda merasa kenyang. Tidur yang cukup membantu tubuh Anda mengukur kebutuhannya akan makanan dan energi dalam cara yang lebih baik.

Makan serat

Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Meskipun Anda makan dalam porsi kecil,  Anda tetap akan merasa kenyang. Serat juga membantu nafsu makan Anda terkontrol. Selain itu, serat baik untuk pencernaan dan kadar gula darah.

Minum air

Penyimpanan air membutuhkan ruang jadi ketika Anda minum air, sebagian ruang dalam perut akan terisi. Hal ini akan sedikit mengurangi nafsu makan Anda dan karena air tidak mengandung kalori, Anda tidak menjadi gemuk. Minumlah segelas air 45 menit sebelum makan siang.

Yoga

Beberapa laporan ilmiah membuktikan bahwa yoga mampu mengurangi nafsu makan. Gerakan yoga dapat meningkatkan kesadaran Anda sehingga membuat Anda cenderung makan lebih sehat dalam porsi yang masuk akal. Selain itu, stres Anda juga bisa menurun dengan yoga dan kebiasaan makan berlebih juga menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya