Tujuh Cara Terbaik Lepaskan si Kecil dari ASI

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat buah buah hati sudah bertambah besar, sudah saatnya mereka untuk berhenti mendapatkan ASI. Namun,bukan hal yang mudah melepaskan si kecil dari ASi. Biasa disebut dengan istilah menyapih, masalah ini seringkali dikeluhkan para ibu.

7 Cara Menyapih Anak, yang Penting Sabar dan Penuh Kasih Sayang

Berikut ini beberapa tips dalam menyapih buah hati seperti dilansir laman Boldsky.

Tip 1

Agar ASI Perah Melimpah, Begini Tips Pumping yang Benar

Menyapih ASI harus dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengurangi frekuensi menyusui pada buah hati dan kemudian secara bertahap berhenti seiring dengan buah hati Anda yang mulai terbiasa dengan proses ini.

Tip 2

Betrand Peto Minum ASI Perah Sarwendah jadi Kontroversi, Ini Kata Ahli

Anda bisa mengganti ASI dengan susu botol atau jus dan berikan pada buah hati Anda ketika mereka merengek meminta ASI. Mereka nantinya akan terbiasa dengan susu botol.

Tip 3

Anda bisa mencoba untuk mengubah kebiasaaan harian buah hati sebagai upaya untuk mengalihkan mereka dari keinginan menyusu. Anda bisa menidurkan mereka lebih lama dari waktu biasanya.

Tip 4

Anda juga bisa mencoba mengalihkan buah hati Anda dengan aktivitas lain ketika mereka menangis meminta menyusu, seperti membacakannya cerita, bernyanyi, atau memeluknya.

Tip 5

Jika buah hati Anda sudah berusia lebih dari satu tahun, Anda bisa memberikannya makanan ringan yang sehat saat mereka lapar. Mereka kemungkinan akan lebih menyukai makanan ringan itu dan mulai melupakan menyusu dari Anda.

Tip 6

Anda juga bisa mencoba beberapa trik seperti mengatakan pada mereka kalau ASI Anda sudah habis atau meminta suami Anda menidurkan si kecil, agar ia sedikit melupakan ASI.

Tip 7

Mengoleskan sari bawang putih ke puting Anda juga bisa menjadi trik yang perlu Anda coba. Sehingga buah hati Anda tidak mau menyusu karena aroma yang kuat juga dapat mempermudah proses menyapih.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya