Ini yang Harus Dilakukan Orangtua saat Anak Di-Bully

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Eelementus

VIVA.co.id – Anak yang mempunyai kekurangan secara fisik, kerap kali mendapatkan ejekan dari teman sebayanya. Hal ini tentu membuatnya semakin malu dengan tubuhnya.

Pelajar SD di Simalungun Jadi Tersangka Kasus Perundungan, Ini Penjelasan Polisi

Bila hal tersebut terjadi, perlu dukungan orangtua agar rasa minder atau malu yang dialami anak, bisa perlahan berkurang. Langkah pertama yaitu bentuk kepercayaan diri pada anak.

"Membentuknya dengan membuat anak menerima diri secara apa adanya, lalu tunjukkan juga penerimaan terhadap dirinya oleh keluarga," ujar psikolog klinis, Dra. Naomi Soetikno, Psi, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Setelah itu, bantu anak memahami berbagai kekurangan dan kelebihannya, sehingga akan mudah menumbuhkan niat agar bentuk tubuhnya menjadi lebih baik. Kemudian, ajarkan anak mengatasi masalahnya sendiri dan biarkan ia mencari solusi dengan berdiskusi dengan Anda.

"Saat anak di bully, sebaiknya Anda jangan turun tangan dahulu menemui si temannya itu. Berikan dahulu tips dan trik pada anak agar ia bisa selesaikan masalahnya sendiri dahulu," kata dia.

Anti Bullying! Barbie Kumalasari Usulkan Syarat Kelulusan Sekolah: Wajib Punya Surat Kelakuan Baik!

Bila masalah dengan teman selesai, tidak lantas berhenti sampai situ. Naomi mengatakan agar tetap memberikan dukungan secara emosional berupa pujian atas sikap positif dan tangguhnya dalam menyelesaikan masalah.

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024