Kenali Jenis Obesitas dan Bahayanya

Ilustrasi wanita obesitas
Sumber :
  • REUTERS/Juan Carlos Ulate

VIVA.co.id – Berdasar data UNICEF (Organisasi PBB untuk melindungi hak anak dan kaum muda) tahun 2012, tingkat obesitas anak di Indonesia mencapai 12,2 persen, sehingga dinyatakan sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan, jumlah itu, mengalahkan Thailand yang ada di angka 8 persen.

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

Berada di posisi 10 dalam daftar negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia berdasar jurnal medis Lancet, tampaknya tingkat obesitas di Indonesia bukanlah hal yang harus disepelekan.

Bahkan perlu diketahui, ada beraneka ragam jenis obesitas yang perlu diketahui masyarakat luas. Dalam rilis PrimaFit 23 Agustus 2016, diketahui adanya dua jenis obesitas berdasarkan penyebaran lemak dalam tubuh.

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Pertama adalah tipe buah apel atau android. Pada obesitas jenis ini ditandai dengan penumpukan lemak pada bagian atas tubuh. Mulai dari wajah, leher, pundak, dada, bahu sampai lengan, tengkuk, perut (buncit), diimbangi dengan bentuk tubuh bagian bawah yang melebar.

Karakter lemak yang menumpuk adalah lemak jenuh, sehingga berisiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan metabolisme lemak dan glukosa seperti jantung, diabetes, stroke, hipertensi.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Jenis kedua adalah buah pir atau ginoid. Pada obesitas ini biasanya ditandai dengan penumpukan lemak di bagian bawah tubuh. Terfokus pada area pinggang dan sekitarnya yang cenderung melebar dan bergelambir.

Perut bagian bawah tampak lebih besar dari perut bagian atas. Karakter lemak yang menumpuk adalah lemak tak jenuh, sehingga relatif aman, namun sulit untuk diatasi. Pada jenis ini biasanya banyak dialami oleh wanita.

Kera gemuk di Thailand

Obesitas, Godizilla Si Kera Gemuk di Thailand Mati

Kera yang diberi nama Godzilla karena ukuran tubuhnya yang besar itu mengalami obesitas lantaran terus menerus diberi makanan tak sehat seperti junk food oleh pengunjung.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024