Kaki Anak Berbentuk O, Ini yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi lutut anak.
Ilustrasi lutut anak.
Sumber :
  • Pixabay/CarolinaP

VIVA.co.id – Zaman dahulu, orangtua menyarankan agar anak dibedong kuat-kuat agar kaki tidak bengkok. Ternyata, tidak ada hubungan antara bedong dengan bentuk kaki, karena hampir semua bayi memiliki bentuk kaki yang menyerupai huruf O, dimana bentuk ini akan kembali normal saat bayi telah berusia tiga tahun.

Hal tersebut diungkapkan dikatakan oleh DR.dr.Aryadi Kurniawan, Sp.OT (K) dari Rumah Sakit Premier Jatinegara.

"Lutut O terjadi pada semua anak usia nol sampai tiga tahun. Tidak hanya sebagian, tapi semua O, tapi nanti akan pulih pada usia tiga tahun," kata Aryadi, yang ditemui dalam acara Orhtopaedic Update in Surgery, di Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2016

Meski begitu, ada pengecualian dalam kasus ini, yakni Savior, Progressive (semakin lama bentuk lutut kaki semakin menyerupai huruf O), Asymetris (kiri dan kanan berbeda), yang mengalami gangguan fungsi (berjalannya pincang), dan yang pendek.

Jika menemukan kelima hal tersebut, untuk memastikan, sebaiknya orangtua menemui dokter untuk melakukan deteksi dini.

"Lima ini harus diintervensi, harus diperiksa, rontgen, ukur ini itu dan kalau terbukti, diintervensi, maka berikan sepatu. Tapi kalau terbukti lima tadi tidak ada, biarkan saja, nanti tiga tahun balik sendiri,” katanya.

Tindakan operasi merupakan jawaban terakhir untuk masalah kaki O dan X ini.