Tips Memilih Glukometer Berkualitas

Ilustrasi Glukometer
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA.co.id – Salah satu pengelolaan penyakit diabetes adalah dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin. Selain dilakukan di laboratorium, penderita diabetes juga bisa melakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri menggunakan alat bernama glukometer.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Namun, dalam memilih glukometer Anda juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa parameter yang menentukan bahwa glukometer yang Anda gunakan berkualitas.

Menurut dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, parameter yang bisa dilihat dari glukometer adalah kualitas keamanan, dan trouble shooting atau penanganan masalah.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Untuk benchmark glukometer di seluruh dunia adalah akurasi standar ISO 15197. Atau yang setiap 10 tahun diperbarui. Setiap alat minimum akurasinya 95 persen," kata dr. Benny dalam acara media workshop Sosialisasi Panduan PDGM untuk Mencapai Target Pengendalian Diabetes di Indonesia, Selasa, 30 Agustus.

Pengguna glukometer bisa menilai alatnya baik atau tidak lewat cara penanganan masalah oleh produsen saat alat tersebut malfungsi, ada cacat fisik, atau masalah dalam pengoperasiannya.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Selain itu, lanjut dr. Benny, parameter lainnya adalah program edukasi yang diberikan. Bagaimana pun pasien diabetes harus mendapatkan informasi dan pemahaman yang baik mengenai penyakitnya.

Ilustrasi makanan dan minuman manis

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Banyak makanan yang tinggi karbohidrat, minuman manis plus tambahan gula, yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak ketika acara halal bi halal tengah berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024