Kunyit Putih Digunakan Rumah Sakit untuk Atasi Kanker

Ilustrasi kunyit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Minuman khas Indonesia, jamu, memang terkenal memiliki banyak khasiat. Bahkan, ada salah satu bahan jamu yang dipakai untuk penanganan kanker di Rumah Sakit.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Jamu yang berbahan dasar rempah alami ini salah satunya memang memiliki khasiatnya untuk melawan sel-sel kanker.

"Di RS kanker Dharmais sudah mempromosikan jamu sebagai bahan untuk pengobatan yaitu dengan kunyit putih," ujar Ketua Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi (PPA) Kosmetika Indonesia, Putri K. Wardani, yang ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian RI, Selasa 30 Agustus 2016.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Putri, yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya, menuturkan bahwa khasiat kunyit memang terkenal sebagai antiseptik. Maka dari itu, tidak heran jika rumah sakit menggunakannya sebagai salah satu cara penyembuhan pada kanker.

"Sayangnya kunyit putih yang disuntikkan ini masih buatan jepang. Dan harga satu kali suntikannya yaitu tiga juta," jelas Putri.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Tidak dipungkiri, Indonesia yang kaya dengan ragam hasil alamnya sudah seharusnya bisa mengembangkan hal tersebut menjadi suatu yang sangat bermanfaat. Sehingga masyarakat Indonesia semakin mengenal keragaman budaya milik bangsa.

"Karena orang Indonesia kurang mengenal jamu, makanya nggak tahu cara buat menjadi obat. Sebaiknya ada pelajaran mengenai jamu sejak dini sehingga jamu bisa diolah masyarakat Indonesia sendiri," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya