Pentingnya Kenalkan Khasiat Jamu pada Anak Sejak Dini

Ilustrasi jamu.
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Tidak dipungkiri warisan budaya yang ada di Indonesia begitu beragam. Salah satunya yaitu khasiat jamu yang secara turun temurun memang terkenal baik untuk kesehatan tubuh.

Jamu Tradisional RI Bisa Go Internasional, Asalkan...

Ramuan jamu memang berasal dari alam kekayaan Indonesia yang menawarkan keragaman rempahnya untuk kebaikan tubuh. Salah satunya jenis daun yang mampu meningkatkan daya ingat di otak.

"Bisa pilih racikan jamu dari daun pegagan karena berkhasiat untuk anti pikun. Itu bisa tiga kali lipat lebih kuat dari ginkobiloba," ujar Ketua Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika, Putri K. Wardani, yang ditemui di Kementerian Perindustrian RI, Selasa 30 Agustus 2016.

Ramuan Jahe Mbah Jo, Jamu Berkhasiat Buruan Pejabat

Daun pegagan tersebut memang terkenal memiliki efek yang baik untuk daya ingat tubuh. Tak hanya daun pegagan, tumbuhan lainnya yang juga berkhasiat untuk kesehatan dan pengobatan juga termasuk daun sirih.

"Daun sirih juga bisa digunakan karena berkhasiat pada penderita batuk yang disertai dengan lendir," jelasnya.

Ada 7.000 Lebih Produk Jamu yang Terdaftar di BPOM

Tidak hanya dedaunan, jamu juga berasal dari tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, seperti kunyit.Kunyit juga berkhasiat sebagai antiseptik yaitu penanganan pada maag dan luka di lambung. Untuk itu, Putri menyarankan agar sosialisasi mengenai jamu dilakukan pada anak sejak usia dini sehingga bisa membuat anak paham akan khasiatnya.

"Gerakan yang disampaikan untuk mensosialisasikan jamu harus dimulai sejak dini, misal dengan kurikulum mengenai hal itu maupun latihan penanaman pada tumbuhan untuk racikan jamu," kata Putri.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya