Evolusi Bentuk Tubuh Ideal Pria dari Waktu ke Waktu

Perayaan L-Men 15 Years di FX Sudirman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Ternyata tidak hanya wanita yang memiliki bentuk tubuh ideal yang diidam-idamkan. Pria pun juga punya ukuran tersendiri akan bentuk tubuh ideal yang diinginkan.

Begini Jika Pria Tertinggi dan Wanita Terpendek di Dunia Bertemu, Bikin Gemas

Bentuk tubuh ideal ini pun tidak selalu sama dan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Menurut Angelique Dewi, Head of Marketing Communicantion L-Men, selama 100 tahun terakhir bentuk tubuh ideal pria mengalami perubahan. Hal ini berhubungan dengan status sosial dan keindahan tubuh.

"Di akhir abad 18, pria dengan lingkar pinggang besar dan perut buncit menjadi idaman para wanita. Karena zaman dulu akses pada makanan sangat rendah sehingga makanan menjadi barang mewah. Pria yang gemuk menunjukkan kalau dia mapan dan memiliki status sosial tinggi," ujar Angelique saat perayaan L-Men 15 Years di FX Sudirman, Jakarta, Selasa, 30 Agustus.

Pria Cuma Sanggup 5 Menit? Ini 6 Trik Makin Perkasa di Atas Ranjang

Evolusi bentuk tubuh ideal ini pun berlangsung cukup lama yakni 70 tahun. Hingga kemudian di tahun 1930an terjadi perubahan yang sangat signifikan di mana bentuk tubuh ideal pria lebih kurus namun terlihat atletis. Otot terlihat cukup nyata.

"Bentuk tubuh seperti ini terinspirasi dari artis-artis Hollywood. Pada saat itu industri film sedang berkembang pesat. Namun, kemampuan kameranya masih belum seperti sekarang jadi badan terlihat sedikit gemuk," imbuh Angelique.

Aktor Patrick Dempsey Dinobatkan Sebagai Pria Terseksi 2023

Memasuki era tahun 1960an, tipe tubuh ideal pria berubah lagi menjadi lebih kurus. Hal ini merupakan salah satu bentuk protes akan imej bintang Hollywood yang glamor. Banyak bintang Hollywood pada saat itu lebih fokus pada revolusi pemerintahan dan banyaknya konflik yang terjadi pada saat itu. Mereka ingin lebih menekankan pada inner beauty.

Sementara pada saat tahun 1990an, ketika industri gym atau pusat kebugaran mulai bermunculan, bentuk tubuh pria yang ideal pun cenderung kepada bentuk body builder dengan otot yang besar. Para bintang Hollywood yang mempopulerkan bentuk tubuh ini di antaranya adalah Silvester Stallone maupun Arnold Schwarzenegger.

"Kemudian dari tahun 1990an hingga sekarang, bentuk tubuh ideal pria adalah yang atletik proporsional. Di mana tubuh terlihat lebih kurus dengan definisi otot yang tidak terlalu berlebihan," kata Angelique.

Selain itu, bentuk tubuh ini juga diimbangi dengan indeks massa tubuh yang ideal. Hal ini dikarenakan kesadaran akan hidup sehat sudah lebih tinggi.

Angelique menambahkan, menurut hasil survei, sebanyak 72 persen pria menginginkan bentuk tubuh seperti ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya