Kapan Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Buah dan Kopi?

Ilustrasi anak makan buah.
Sumber :
  • Pixabay/jill111

VIVA.co.id – Anda mungkin sudah sering mendengar jenis-jenis makanan apa saja yang baik untuk kesehatan, tapi sangat sedikit yang mengetahui kapan sebaiknya makanan itu dikonsumsi. Padahal, berdasarkan kondisi metabolisme tubuh, ada aturan tersendiri mengenai waktu yang tepat mengonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut ini waktu yang tepat untuk konsumsi makanan seperti dilansir dari laman The Sun.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Pukul 07.11 sarapan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan suplemen, Segera melakukan sarapan setelah bangun tidur akan memicu kerja metabolisme tubuh Anda sehingga membuat Anda berhenti ngemil.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Ini juga menjadi waktu yang ideal untuk mengkonsumsi makanan yang digoreng. Para peneliti di Texas A&M Health Science Center mengatakan, pagi adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak karena lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan lebih parah ketika di makan malam hari.

Apapun kegiatan Anda, pastikan untuk selalu sarapan. Orang yang tidak sarapan akan memiliki risiko 27 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding mereka yang sarapan.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Pukul 10.00 minum kopi

Banyak yang langsung meminum kopi atau teh saat sarapan atau begitu bangun tidur, padahal menurut sebiah penelitian, ini tidak boleh dilakukan.

Minum kopi atau teh terlebih dulu justru akan meningkatkan toleransi Anda pada kafein karena kafein menggantikan peningkatakan kortisol secara alami tubuh.

Jadi, waktu terbaik untuk minum kopi adalah antara pukul 10 pagi atau antara pukul 14.00-16.00 untuk mendapatkan efek penuhnya.

Pukul 11.30 buah-buahan

Waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah adalah di siang hari. Buah akan lebih menambah energi Anda dibanding dengan makanan manis. Anda akan sangat memerlukan gula alami ini sepanjang siang hari.

Buah akan membuat tubuh melepaskan energi secara perlahan. Buah juga rendah kalori namun memiliki volume yang tinggi, artinya buah membuat kenyang lebih lama.

Pukul 13.00-14.00 pisang

Pisang akan menjadi sumber energi yang baik dan membuat energi terbuang secara perlahan sehingga membuat Anda tetap segar di siang hari.

Jika Anda sering ngemil di siang hari, ada baiknya memilih pisang dan sebaiknya makan sebelum sore. Pisang juga dapat menenangkan perut Anda setelah makan siang.

Pukul 18.45 ceri

Ceri merupakan salah satu sumber alami melatonin, hormon yang membantu rasa kantuk. Ceri baik untuk menggantikan makanan manis yang Anda ingin makan di malam hari. Ceri juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya