Anak Tidak Senang Belajar, Ini Cara Sederhana Memotivasi

Ilustrasi anak baca buku
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Memotivasi anak untuk belajar memang bukan hal mudah. Sebelum kebingungan mencari cara agar anak mau belajar, orangtua harus memahami terlebih dahulu penyebabnya.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Orangtua cenderung kebingungan untuk memotivasi anak agar mau rajin dan rutin belajar. Nyatanya, agar memahami cara menangani hal tersebut, sebaiknya para orangtua cari tahu mengenai penyebabnya.

"Ada banyak cara untuk memotivasi anak tapi harus tahu dulu penyebabnya karena ada banyak penyebabnya. Mungkin pelajarannya terlalu sulit, teman-teman di kelasnya yang menganggu, atau gurunya galak," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si yang ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat, 2 September 2016.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Dituturkan Anna, panggilan akrabnya, pada anak yang kesulitan pada satu atau beberapa mata pelajaran, peran orangtua harus menyediakan solusi lain. Disarankan agar membuat mata pelajaran yang sulit dikerjakan dengan suasana yang menyenangkan.

"Misal belajar matematika susah, jangan dipaksa tapi carikan solusi yang buat dia mudah menghafal. Ajak dia nyanyikan angka-angka dari matematika, pokoknya buat suasana menyenangkan," ucapnya.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Untuk yang sulit termotivasi karena gurunya cenderung galak sehingga membuat anak takut, bisa berkoordinasi dan diskusi dengan gurunya tersebut. Untuk anak yang sudah agak besar, siasati dengan berikan pemahaman agar ia lebih memikirkan manfaat akan pelajaran tersebut.

"Buat anak untuk memikirkan apa manfaat dari pelajaran tersebut, dan tidak memikirkan siapa pengajarnya. Yang penting adalah dia memahami dulu perbedaan keduanya itu," ujarnya.

Terakhir, yang bermasalah dengan teman-teman sekolahnya, bantu berikan kemampuan sosialnya. Misalnya dengan memberikan role play, ajari anak cara kenalan dan diskusikan solusi dari tiap permasalah dengan temannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya