Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Sebabkan Diabetes

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Dahulu, ahli media mengatakan, kalau diabetes merupakan penyakit keturunan. Namun, beberapa tahun lalu, hal ini diyakini sebagai penyebab utama diabetes melitus. Sekarang, sejumlah ilmuwan mengungkap faktor lain yang menyebabkan penyakit ini berkembang.

3 Langkah Bangun Tidur yang Benar

Diabetes melitus terbagi menjadi tiga jenis, tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Anda bisa terkena diabetest, jika keluarga Anda pernah mengalaminya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Anda juga bisa terkena diabetest, jika gaya hidup Anda tidak sehat, seperti tidak mengontrol makan, tidak berolahraga, banyak mengalami stres, dan sebagainya. Sementara itu, diabetes gestasional adalah salah satu penyakit yang dialami wanita hamil.

Tidur dengan Suhu Dingin Bisa Bikin Kurus

Selain faktor di atas, berdasarkan penelitian terbaru, diabetes berkaitan langsung dengan lamanya Anda tidur siang. Demikian dilansir laman Boldsky.

Para peneliti mengklaim bahwa tidur siang tidak hanya berhubungan dengan munculnya diabetes, tetapi juga menyebabkan penyakit seperti jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan peningkatan berat badan.

Ketahui Lama Waktu Tidur Sesuai Usia

Tidur siang di sini adalah tidur siang lebih dari satu jam. Biasanya, orang yang sering mengeluh kelelahan di siang hari lebih rentan untuk tidur siang lebih dari satu jam.

Karena itu, disimpulkan bahwa orang yang tidur siang lebih dari satu jam mengalami kelelahan dan hal ini bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan yang dialami orang tersebut. Tidur siang bisa menjadi indikasi bahwa ada yang salah dengan tubuh orang tersebut.

Setelah penelitian mendalam, ditemukan bahwa orang yang tidur siang dan rentan menderita diabetes sebenarnya mengalami apnea tidur. Dalam kondisi ini, dia akan berhenti bernapas selama tidur. Akibatnya, orang-orang ini tidak mendapatkan tidur yang cukup saat malam.

Kondisi ini menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan meningkatnya kadar gula darah Anda. Inilah kenapa lamanya tidur siang Anda bisa menyebabkan diabetes. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya