Tips Posisi Duduk yang Benar untuk Hindari Sakit Punggung

Ilustrasi tulang punggung.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA.co.id – Nyeri punggung bisa menyerang kapan saja. Meskipun masih dalam tahap ringan, kemunculannya cukup mengganggu. Dalam jangka panjang kondisi tersebut juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan.

Deretan Vitamin untuk Atasi Nyeri Sendi

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah posisi duduk yang salah dan dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama. Karena itu, penting sekali mengetahui bagaimana posisi duduk yang baik.

Dalam diskusi Interaktif dokterVIVA di fanpage @VIVAlife_ pada Rabu, 7 September 2016, dengan topik nyeri punggung, dr. Adnan Yusuf dari MeetDoctor mengatakan tentang posisi duduk yang benar. Menurutnya, posisi duduk yang sehat adalah posisi tegak. Berikut ini posisi tepat yang bisa Anda terapkan.
 
1.  Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Paha menempel di dudukan kursi dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi.
 
2.  Pusat beban tubuh pada satu titik agar seimbang. Usahakan jangan sampai membungkuk. Jika diperlukan, kursi dapat ditarik mendekati meja kerja agar posisi duduk tidak membungkuk.
 
3.  Posisi lutut mempunyai peranan penting juga. Untuk itu tekuklah lutut hingga sejajar dengan pinggul. Usahakan untuk tidak menyilangkan kaki.
 
4.  Usahakan istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar tempat duduk untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

dr Zaidul Akbar: Jenis Kaldu ini Atasi Nyeri Sendi hingga Usus Bocor
Ilustrasi nyeri sendi.

Sudah Masuk Usia 40 Tahun, Waspada Nyeri Sendi

Menurut dokter spesialis ortopedi, dr. M. Adib Khumaidi, SpOT, nyeri sendi tidak hanya dipengaruhi oleh usia.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2021