Empat Mitos Terkait Metabolisme Tubuh

Ilustrasi organ tubuh.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sistem metabolisme mengatur bagaimana proses pencernaan makanan dapat diserap sesuai kebutuhan tubuh. Sistem ini terkadang juga dapat menurunkan berat badan.

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Banyak pendapat dan mitos seputar sistem metabolisme tubuh yang beredar. Berikut empat mitos mengenai sistem metabolisme tubuh yang secara tidak langsung dapat membuat berat badan menjadi ideal, seperti dilansir dari laman Prevention.

1. Sarapan membuat sistem metabolisme berputar dengan cepat

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

Sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan, namun sarapan tidak ada sangkut pautnya dengan melancarkan apalagi mempercepat sistem metabolisme ketika bekerja. Menurut Personal Trainer dan profesor fisiologi di San Diego, Mike Deible, mengatakan bahwa sarapan hanya memberikan energi dalam bentuk kalori pada tubuh dan hanya berkontribusi 10-15 persen pada total metabolisme tubuh.

2. Konsumsi ragam makanan dalam porsi kecil

Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

Hal tersebut dipercaya malah akan memicu tubuh untuk terlalu banyak mengonsumsi makanan karena kebanyakan orang tidak cukup kuat dengan hanya konsumsi porsi yang kecil. Namun, beberapa orang cukup merasakan dampak baik dari hal ini karena pada kenyataannya cukup mampu menurunkan berat badan tapi bukan untuk mempercepat sistem metabolisme tubuh

3. Kafein dan makanan pedas dapat mempercepat metabolisme

Konsumsi minuman yang mengandung kafein atau makanan pedas memang dapat menghasilkan sebuah energi kecil dan suhu panas di sekitar perut. Tapi, kedua hal tersebut tidak memiliki kaitan dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

4. Metabolisme akan menurun seiring usia

Sistem metabolisme tubuh yang berjalan lambat, bukan diakibatkan oleh usia yang semakin tua. Menurut personal trainer, Casey Miller, sistem metabolisme tubuh akan melambat hanya saat aktivitas yang dilakukan seseorang semakin sedikit. Jadi pastikan agar Anda tetap berolahraga secara rutin untuk membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya