Keringat Berlebih, Waspadai 7 Penyakit Ini

Ilustrasi berkeringat/keringat berlebih.
Sumber :
  • Pixabay/ Barabarabonanno

VIVA.co.id – Apakah Anda sering berkeringat lebih tanpa melakukan aktivitas berat? Jika ya, mungkin ini menjadi tanda bahaya, tubuh dalam kondisi tidak sehat.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Dilansir Boldsky, tubuh secara otomatis mampu memberi tanda peringatan, jika ada penyakit tertentu. Tanda tersebut biasanya ditunjukkan dalam bentuk gejala seperti kelelahan, berkeringat, nyeri, infeksi.

Sekarang, ada banyak peyakit yang bisa menyerang manusia kapan saja. Bahkan gejala yang ditimbulkannya pun seringkali sama antara penyakit yang satu dengan lainnya.

Manggung dengan Keringat Bercucuran, Kondisi Vidi Aldiano Bikin Khawatir

Tentu hal ini, bisa sangat membingungkan, karena banyak gangguan datang dengan gejala yang sama, sehingga sangat penting  mendapatkan pengetahuan tentang gejala dan penyebab. Berikut adalah daftar penyebab paling potensial yang muncul akibat kelebihan keringat.

1. Stres

Dalam Islam, Meninggal dengan Keringat di Kening Merupakan Keberuntungan

Salah satu penyebab kelebihan keringat bisa jadi karena stres. Meskipun banyak orang tidak meyakininya. Saat stres kelenjar penghasil keringat menghasilkan keringat berlebih.

2. Stroke

Penyebab lain untuk kelebihan berkeringat bisa disebabkan karena stroke. Jika Anda berada pada risiko stroke panas, Anda mungkin mengeluarkan keringat di tingkat yang abnormal.

3. Gula darah rendah

Keluarnya keringat berlebih juga dapat diwaspadai sebagai gejala gangguan seperti gula darah rendah, di mana tingkat gula darah dalam tubuh turun di bawah 70 mg.  Hal ini dapat ditambah dengan gejala lain seperti pusing dan mual.

4. Hiperhidrosis

Penyebab lain untuk keluarnya keringat berlebih bisa karena hiperhidrosis, kondisi di mana kelenjar keringat menghasilkan jumlah keringat secara tidak normal. Hal ini dipicu oleh neuron tertentu.

5. Limfoma

Penyebab lain keluarnya keringat berlebih juga bisa karena limfoma, atau kanker yang mempengaruhi kelenjar getah bening. Gejala ini harus diwaspadai karena melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Hipertensi

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, itu juga bisa menjadi penyebab mengapa timbul keringat berlebih.

7. Penyakit jantung

Salah satu penyebab utama untuk keluarnya keringat berlebih adalah gangguan jantung. Pada kondisi itu jantung menggunakan banyak energi memompa darah ketika lemah, tubuh Anda kemudian mengeluarkan keringat secara berlebih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya