Tips Kendalikan Si Kecil Saat Kumpul Keluarga

ilustrasi keluarga.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id –  Seringkali dalam acara yang dihadiri keluarga besar, celotehan si kecil saat bercengkrama hingga larut malam bisa membuat suasana semakin menyenangkan. Tapi, terkadang ada anak-anak yang senang mencari perhatian dengan bersikap hiperaktif sehingga beberapa orangtua justru kebingungan menghadapi buah hatinya yang terlalu lincah di saat seluruh keluarga sedang berkumpul.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Psikolog dari Fortes Education, Devika Singh-Mankani percaya, bahwa kunci terbaik membuat anak tetap tenang adalah dengan mengontrol sikapnya. Dikutip dari laman Alarabiya, anak cenderung tenang saat orangtua mengambil kendali akan sikapnya.

Devika menjelaskan, memang kebanyakan anak akan sangat senang ketika berkumpul dan ada di tengah-tengah keluarga besar. Namun, apa jadinya saat sikapnya berubah menjadi menganggu.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Untuk itu, Devika menuturkan agar para orangtua mengaplikasikan sebuah peraturan dengan tiga pedoman dan buat anak memahami akan ketiga hal tersebut. Orangtua bisa menerapkan kata 'tidak boleh dilakukan, tidak sehat, dan tidak sopan'. Bantu si kecil untuk mengenali elemen dari sikapnya yang mencakup ketiga hal tersebut sehingga bisa ia terapkan pada sikapnya saat berada di tengah-tengah acara keluarga besar.

Ia juga menyarankan, agar para orangtua mau mencari waktu untuk berdiskusi pada anak mengenai sikap yang tidak diharapkan akan dilakukan sang anak beserta konsekuensi yang akan ditanggung jika mereka melakukannya. Sebaiknya lakukan diskusi tersebut pada tiga waktu yaitu sebelum pertemuan berlangsung, saat pertemuan di mana terdapat kehadiran anak lainnya, dan terakhir, usai pertemuan dilaksanakan.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Kendati demikian, Devika tidak menyarankan orangtua untuk memberikan penghargaan berupa hadiah sebagai sikap baik yang telah dilakukan anak. Sebab hal itu malah akan membuat sang buah hati merasa tidak puas dan akan terus meminta banyak hadiah lainnya. Menurutnya cukup memberikan apresiasi berupa ucapan bahwa Anda sudah bisa percaya pada sikap yang akan dilakukan si kecil.

(mus)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024