Trik Hentikan Kebiasaan Ngemil Tengah Malam

Ilustrasi camilan sehat
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Tidak ada yang salah dengan ngemil saat tengah malam, namun yang menjadi masalah adalah jika Anda memilih jenis makanan yang salah sehingga menyebabkan berat badan meningkat, juga mempengaruhi kondisi tubuh Anda secara menyeluruh.

Memanjakan Lidah di Rumah, Ini 6 Resep Cheese Cake Lezat

Menurut sebuah penelitian, langkah pertama dan terbaik untuk menghentikan kebiasaan ngemil tengah malam adalah makan sarapan dengan benar. Pilih makanan sarapan yang kaya akan protein dan serat serta rendah karbohidrat dan lemak.

Menu sarapan seperti ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan menghindarkan keinginan makan makanan manis. Sarapan sehat ini juga membuat Anda makan lebih baik di siang hari serta mencegah keinginan makan di tengah malam.

Makan Camilan Lezat Ini di Malam Hari untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk menghindari keinginan mengunyah makanan di malam hari, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah makan dengan baik saat siang hari. Menu makanan yang baik akan membuat Anda kenyang, jika tidak tubuh Anda akan menginginkan makanan lagi di akhir hari. Hal ini membuat Anda akan makan jenis makanan yang salah.

Langkah selanjutnya adalah, menurut laman Boldsky, konsumsi makan malam yang baik. Jangan buat Anda kelaparan saat malam. Agar mudah mengantuk dan tidur nyenyak, perut Anda harus dalam keadaan kenyang.

Membuat Pisang Goreng Keju Cokelat yang Gurih dan Krispy

Jika tidak, Anda akan terbangun tengah malam dan mencari makanan untuk dimakan. Karena itu, makanlah makan malam yang benar sebelum tidur.

Selain itu, hindari berada dekat dengan dapur di akhir hari. Setelah makan malam, pastikan Anda langsung masuk kamar. Anda bisa membaca buku, mengobrol dengan pasangan atau bermeditasi. Hal ini akan mengalihkan fokus Anda dari makanan dan menghindarkan Anda ngemil setelah makan malam.

Namun, jika Anda tetap ingin ngemil di malam hari, pilihlah jenis makanan yang tepat. Kue kering bukan pilihan yang baik. Makanan tinggi kalori harus dihindari di jam ini karena hanya akan menambah kalori pada tubuh dan juga menyebabkan gangguan pencernaan di malam hari.

Sebaiknya pilih pisang yang tidak hanya membuat Anda kenyang, tapi juga kandungan kaliumnya dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya