Ketahui Posisi Tepat Saat Menyusui Buah Hati

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagai calon orangtua atau orangtua baru, tentu ada banyak hal yang ingin diketahui dan dipelajari. Mereka tidak hanya aktif mencari informasi dari dunia maya, namun juga dari keluarga terdekat seperti orangtua, bahkan hingga teman dekat.

Membudayakan Pemberian ASI Eksklusif

Informasi tersebut mulai dari cara mengganti popok, memandikan bayi, hingga posisi yang benar dalam menyusui bayi. Ternyata masih banyak para ibu yang melakukan kesalahan saat menyusui. Hal yang perlu diingat pada bayi baru lahir diantaranya adalah proses menyusui akan berhasil bila bayi menyusu sesering mungkin, bayi melekat dengan benar pada payudara ibu.

"Persiapan menjadi orang tua baru sebaiknya dimulai pada awal kehamilan. Dengan pengetahuan yang benar mengenai pemberian ASI, maka tidak ada alasan para orangtua baru untuk tidak memberikan ASI, setidaknya untuk enam bulan pertama, atau hingga anak usia dua tahun," kata dr. Melanie Yudiaba Iskandar, SpA, dalam acara Philips Avent New Parents Class Program, di RS. Bunda Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 September 2016.

Kenali 5 Tanda Kanker Payudara, Perempuan Sering Mengabaikan

Tentang bagaimana cara menyusui bayi yang benar, Melanie mengatakan, posisi bayi harus digendong dengan nyaman. Saat sang ibu nyaman, maka bayi juga akan nyaman. Bukan hanya nyaman digendong, tapi nyaman menelan ASI.

Lebih lanjut Melanie menjelaskan, posisi bayi harus lurus satu garis.

Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

“Puting, telinga, dan perut dia sama perut kita ketemu (kalau posisi tiduran). Usahakan mulut bayi ada didepan puting kita. Tangan, kalau bayi tidak dibedong, tangan bayi yang dibawah biarkan memeluk mamanya di belakang,” ujarnya.

Ada empat tanda pelekatan yang benar dalam menyusui yaitu CALM, yang merupakan Chin, dimana dagu anak menempel di payudara mamanya, Areola yaitu areola harus masuk.

“Kalau cuma masuk puting tidak dapat maksimal, harus masuk seluruh areola, karena pabriknya di situ. Dan kalau cuma puting yang masuk nanti lecet, langit-langit bayi bagian depan kasar sekali, itu yang buat sakit, harus masuk semua."

Sedangkan Lips, bibir bayi harus memble (terbuka lebar), dan Mouth, mulut bayi terbuka lebar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya