Banyak Teman Mampu Kurangi Stres

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id – Stres adalah permasalahan umum yang sering dihadapi masyarakat perkotaan. Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan psikologi, namun juga kesehatan tubuh.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Sumber stres bisa datang darimana saja, misalnya tuntutan hidup hingga padatnya aktivitas pekerjaan.

"Pada usia adulthood (remaja-dewasa), biasanya stres terjadi karena banyak tugas untuk perkembangannya. Simpel saja, misal selesai sekolah harus mikir mau bagaimana selesaikan skripsi, sudah lulus bagaimana mau dapat kerja. Banyak sumber stres dari hal sederhana," ujar Psikolog, Dra. Retno Dewanti Purba, MPsiT, ditemui usai peluncuran Frisian Flag Purefarm Coconut Delight, di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 27 September 2016.

Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Untuk itu, penanggulangan stres sejak awal harus dilakukan, salah satunya dengan memperluas jaringan pertemanan untuk mendapatkan teman dekat agar bisa menumpahkan segala keresahan.

"Miliki teman sebanyak mungkin dengan perluas jaringan, nah ini dinamakan safety net. Artinya jaringan pertemanannya aman untuk kesehatan kita melalui ngobrol dan curhat. Sharing di safety net ini bermanfaat mengurangi stres," tambahnya.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Dengan jejaring pertemanan di dunia nyata ini, dituturkan oleh Retno akan membuat beban yang ditanggung dirasa lebih ringan. Terlebih, jika para generasi muda tersebut ternyata menjalin kedekatan yang amat baik dengan orangtuanya.

"Pelihara kedekatan dengan orangtua akan lebih baik. Karena lingkungan terdekat itu orangtua, jadi bisa sebagai safety net utamanya di saat ada masalah," kata dia.

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024