Desain Botol Susu untuk Bayi Berbibir Sumbing

ilustrasi dot bayi
Sumber :
  • pixabay/Waldryano

VIVA.co.id – Bayi yang lahir dengan kebutuhan khusus seperti penderita bibir sumbing atau bayi prematur seringkali kesulitan mendapatkan asupan susu melalui botol maupun asi. Padahal, seperti diketahui, pada usia dini, bayi sangat butuh asupan ASI ataupun susu formula.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Anis Dwinasti, General Manager Marketing Division dari Pigeon, mengatakan, bahwa Pigeon memiliki produk khusus, yang diperuntukkan untuk anak berkebutuhan khusus.

"Dotnya ini lebih tebal, tujuannya supaya tidak masuk ke sini (hidung),botolnya sendiri itu elastis dan bisa ditekan. Jadi kalau bayi sumbing tidak bisa menghisap jadi dia hanya perlu menggerakkan lidah. Dan kemudian kenapa botolnya lembut (empuk) jadi ketika si bayi tidak bisa memanfaatkan tounge movement (pergerakan lidah tidak bisa menekan dot susu karena tiadanya langit-langit rongga mulut) maka botol susu mudah ditekan," jelasnya saat ditemui usai acara Inspirasi Karya Anak Bangsa untuk Ibu dan Buah Hati, Kamis, 29 September 2016.

Punya Anak di Usia 42, Kiki Amalia Ungkap Pentingnya Dukungan Suami Biar Gak Kena Baby Blues

Selain itu ia juga mengatakan bukan hanya botol untuk bibir sumbing saja yang didesain khusus, melainkan botol untuk penderita bibir sumbing setelah dioperasi.

"Dan setelah operasi, botol susunya (dibuat) bentuknya seperti pipet panjang dan cairan bisa dimasukkan dari samping," ungkapnya.

Apa Hukum Adzan Pada saat Penguburan Jenazah? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Sementara itu untuk bayi prematur, botol dan dot didesain untuk menstimulasi reflek menghisap pada bayi yang memiliki rahang dan mulut yang masih lemah.

Penjualan botol untuk penderita bibir sumbing menurut Anis dijual secara massal namun terbatas. Selain itu, toko yang menjual juga harus mendapatkan training khusus.

"Untuk prematur tidak dijual umum karena harus dari medical professional, karena mereka yang tahu kapan harus punya alat bantu," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya