Empat Tanda Kanker Payudara

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Saat ini, kanker payudara masih mewakili satu dari empat keseluruhan jenis kanker pada wanita di seluruh dunia. Oleh sebab itu, dibutuhkan penanganan secepatnya agar menghindari kerusakan lebih lanjut.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Memang sejak dulu telah dikampanyekan agar masyarakat bisa lebih waspada dengan memeriksa payudaranya sendiri. Namun, seringkali hal tersebut masih diabaikan dengan gaya hidup yang cenderung buruk.

"Penyebab dari kanker payudara ini pasti banyak. Entah itu dari turunan, lingkungan dan gaya hidup, salah satunya merokok. Merokok ini dapat merusak sel-sel di dalam tubuh menjadi sel kanker yang ganas," ujar spesialis penyakit dalam, Prof. Aru Sudoyono, Sp.PD-KHOM, di acara Breast Cancer Awareness Campaign The Estee Lauder Companies, Pondok Indah Mall, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2016.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Tidak hanya itu, kurang berolahraga serta jenis makanan yang terlalu berlemak juga menjadi pemicu kanker payudara. Bahkan, kini di negara berkembang, data dari penderita kanker semakin meningkat di usia muda.

"Gaya hidup yang semakin berubah menyebabkan peningkatan sebesar 30 persen dari pengidap kanker payudara yang berusia di bawah 40 tahun. Makanya perlu diperhatikan protes yang ditunjukkan oleh tubuh," ujarnya menambahkan.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Menurutnya, bentuk protes pada tubuh yang harus dikenali mencakup empat hal. Dengan mengenali sejak dini, maka kanker payudara bisa dicegah sejak awal sehingga kemungkinan pasien untuk sembuh pun juga jauh lebih besar.

"Ada empat yang perlu dikenali yaitu berat badan menurun tanpa sebab, ada benjolan di payudara, nyeri yang tidak hilang dan keluar darah dari mana pun di tubuh terutama puting susu. Itu biasanya sudah ada tumor," ucapnya.

Raja Charles

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Kondisi kesehatan Raja Charles III kini semakin memburuk. Sehingga, para pejabat di Istana Buckingham terus memperbarui rencana pemakamannya. Hal ini sudah dipersiapkan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024