Bermain Golf Bisa Membuat Panjang Umur

Ilustrasi orang bermain golf.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sejumlah peneliti telah menemukan bahwa bermain golf dapat menambah usia hidup Anda. Tak hanya itu bermain golf dapat mencegah timbulnya kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan demensia.

Punya Mobil Mercedes-Benz Bisa Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Dari ulasan kesehatan diketahui bahwa manfaat kesehatan dari permainan ini menunjukkan nilai yang signifikan untuk kondisi mental serta fisik bagi semua orang di segala usia dan latar belakang.

Dilansir Daily Mail, sejumlah ilmuwan mendapatkan hasil penelitian mereka dari 5.000 penelitian yang mempelajari asosiasi antara golf dengan kesehatan.

Gandeng Golftrovert, FUNDtastic Gelar Turnamen Golf VOL.1 2024

Ulasan mereka yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine, menyimpulkan bahwa bermain golf dapat meningkatkan kesehatan jantung, arteri, dan paru-paru, serta memberikan dampak positif pada metabolisme.

Golf juga dapat membantu seseorang yang menderita kondisi kronis termasuk penyakit jantung, diabetes tipe dua, kanker usus dan payudara, juga efek dari stroke.

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Bentuk Yayasan Beasiswa Lewat Golf Amal

Para peneliti mengatakan, manfaat fisik ini juga dikatakan dapat meningkat seiring dengan usia. Pemain dengan usia lebih tua akan mengalami peningkatan keseimbangan serta stamina.

"Kami mengetahui kalau aktivitas fisik yang ringan dari permainan golf dapat meningkatkan usia harapan hidup, memiliki manfaat kesehatan mental, dan membantu mencegah lebih dari 40 penyakit kronis besar seperti jantung, stroke, diabetes, kanker usus besar dan payudara," kata pemimpin penelitian Dr Andrew Murray dari Physical Activity for Health Research Centre di University of Edinburgh.

Dr Murray menambahkan, sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa pemain golf hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain. Mereka juga mengalami perbaikan dalam kadar kolesterol, komposisi tubuh, kebugaran, kepercayaan diri dan harga diri.

Karena olahraga ini dapat dimainkan oleh usia muda hingga tua, hal ini menunjukkan bahwa golf memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi orang-orang di segala usia.

Penelitian yang merupakan bagian dari Proyek Kesehatan dan Golf yang digagas oleh World Golf Foundation ini menemukan bahwa pemain golf bisa membakar kalori minimal 500 kalori dalam permainan 18 holes.

Pemain golf yang berjalan kaki di sepanjang lapangan permainan dapat menempuh hingga delapan mil atau sekitar 12 kilometer. Sementara mereka yang menggunakan kereta golf bisa mendapatkan manfaat berjalan kaki sekitar 6 kilometer.

Para peneliti juga menemukan bahwa aspek fisik dari golf juga dapat membantu mengurangi risiko kecemasan, depresi, dan demensia.

Ilustrasi orang bermain golf

Ilustrasi orang bermain golf. FOTO: Pixabay

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya