Cegah Risiko Kanker Payudara dengan 10 Makanan Super Ini

Ilustrasi Delima
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kanker payudara akan melonjak ke angka yang mengkhawatirkan. Dan satu dari setiap delapan wanita akan berisiko mengembangkan penyakit ini dalam hidupnya.

Sensasi Manis dan Segarnya Sirsak, Ternyata Kaya Manfaat untuk Kesehatan!

Tina Sapra, ahli gizi klinis senior & koordinator dFortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, ahli gizi konsultasi, Metropolis Healthcare, Mumbai, memberi wawasan tentang makanan yang dapat mencegah risiko kanker payudara pada wanita.

Ya, ada beberapa makanan yang dinilai mampu mencegah kanker, atau paling tidak, mengurangi resiko terkena kanker. Seperti dikutip laman Times of India, ini daftarnya.

Ibu Negara Suriah Asma Assad Didiagnosis Menderita Leukemia, Kata Kantor Presiden

1. Rami

Anda bisa mendapatkan rami baik dalam bentuk benih, atau minyak biji rami. Omega-3, lignan dan serat yang ditemukan dalam biji rami ditemukan untuk membentuk perisai pelindung terhadap sel kanker yang bertanggung jawab untuk kanker payudara. Anda dapat menambahkan biji rami pada jus atau minyak biji rami untuk salad. Selain itu Anda juga menggunakannya untuk memanggang kue atau muffin.

Wanita Ras Ini Berisiko Tertinggi Kanker Payudara! 12 Gen Kanker Ditemukan

2. Kacang Brasil

Uniknya kaya selenium, serat, dan fitokimia, kacang Brasil dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor. Nikmati kacang ini seperti jenis kacang lainnya dengan buah-buahan atau asparagus, karena ini mengandung komponen anti-kanker, klorofil.

3. Bawang putih

sumber yang kaya senyawa pelawan kanker yang disebut allium, ialah bawang putih dan kerabatnya seperti bawang merah dan daun bawang. Bawang putih dinilai mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara antara lain bentuk kanker seperti kolorektal dan kanker prostat. Mengonsumsi sepotong bawang putih setiap pagi sangat baik untuk Anda.

4. Delima

Delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Buah ini berisi polyphenol- asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan kanker. Tambahkan buah lezat ini dalam diet Anda dan temukan manfaat kesehatan yang efektif.

5. Sayuran berdaun gelap-hijau

Dari kangkung, sawi, bayam dan lobak Swiss. Sayuran  berdaun hijau gelap mungkin dianggap sebagai nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkis sel-sel kanker. Ini karena mereka mengandung vitamin B, fitokimia, klorofil dan banyak lagi. Sudah waktunya untuk menambahkan beberapa sayuran untuk diet Anda.

6. Salmon

Sebuah sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D, bisa diperoleh dari salmon untuk meredam sel sel pertumbuhan kanker. Bahkan, beberapa jenis vitamin B12 (methylcobalamin) terbukti efektif dalam pengobatan kanker.

Ilustrasi Salmon

7. Brokoli dan kecambah brokoli

Sayuran seperti kembang kol, kubis Brussel, kubis dan kale; brokoli kaya akan sulforophane dan indoles, dipercaya mampu mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai kanker, termasuk payudara, kandung kemih, limfoma, prostat dan kanker paru-paru.

8. Teh hijau

Konsumsi secara teratur untuk menurunkan risiko kanker payudara. Bahan kimia dalam teh hijau juga dapat memiliki manfaat kesehatan. Satu sampai dua cangkir sehari teh hijau dapat membantu Anda menjauh dari kanker.

9. Cabai

Merica, bahkan jenis lada apa pun, kebanyakan mengandung beberapa fitokimia atau nutrisi yang akan membantu melawan kanker. Cabai dan cabai jalapeno mengandung capsaicin (komponen aktif dari cabai) yang melawan laju pertumbuhan sel kanker. paprika hijau kaya akan klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker ditemukan dalam usus. Paprika merah memiliki keduanya capsaicin dan karotenoid antioksidan.

10.  Kunyit

Rempah-rempah yang biasa ditemukan di dapur, seperti kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin. Senyawa ini mampu melawan kanker dan dapat menghambat berbagai jenis sel kanker, termasuk payudara, pencernaan, paru-paru, dan kanker kulit.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya