VIDEO: Kelas Parenting Membentuk Pola Asuh Keluarga

Kelas Parenting Bersama Keluarga Kita
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Purna Karyanto

VIVA.co.id – Pola asuh dalam keluarga salah satu faktor penentu bagi kehidupan seorang anak. selain menentukan kepribadian si anak, pola asuh yang tepat akan menentukan kehidupan bermasyarakatnya kelak.

Parenting Natasha Rizky Jadi Sorotan, Netizen Sindir Desta

Menyikapi mengenai pola asuh anak yang tepat  bagi keluarga, Yayasan Keluarga Kita dengan program Kelas Rangkul, mengadakan kelas parenting di kantor VIVA.co.id pada hari Jumat, 7 Oktober 2016.

Fokus pada pendidikan pengasuhan, Keluarga Kita membagi materi dalam tiga kurikulum yaitu disiplin positif, belajar efektif dan hubungan reflektif yang menjadi tema dalam kelas tersebut.

3 Pola Asuh Orang Tua yang Berbahaya dan Berdampak Buruk pada Anak

Kelas yang berlangsung selama 3 jam ini dibuka dengan penyampaian prinsip pengasuhan keluarga, untuk menyamakan persepsi tentang pola pengasuhan yang dipahami peserta.

"Kami percaya bahwa keluarga adalah pendidik pertama dan utama dalam masyarakat, jadi perannya besar sekali dalam kelangsungan  bermasyarakat. Kita percaya bahwa pengasuhan enggak pernah personal. Bagaimana kita membesarkan anak kita akan berdampak ke masyarakat, dan bagaimana dia berperan dalam masyarakat," ungkap Yulia Indriati, pembicara dari Yayasan Keluarga Kita kepada VIVA.co.id pada Jumat 7 Oktober 2016.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Materi tentang hubungan reflektif diawali dengan konsep salah kaprah yang sering terjadi dalam hubungan berumah tangga dengan pasangan ataupun orangtua sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan anak.

"Orangtua yang ideal itu adalah orangtua yang tidak acuh berlebihan, tidak memberikan porsi tepat yang dibutuhkan anaknya, tapi juga tidak panik berlebihan. Orangtua ideal itu adalah orangtua yang mau belajar terus, dan melihat kesalahan sebagai suatu kesempatan untuk bisa lebih baik lagi," ujar Yulia.

Materi lain yang disajikan dalam kelas tersebut adalah tentang hal yang tidak terkontrol dalam Keluarga. Selain itu, dibahas juga pentingnya manajemen waktu, pengelolaan emosi dalam keluarga juga cara berkomunikasi yang efektif dalam keluarga.

Pada sesi sharing, peserta tampak aktif melakukan diskusi seputar permasalahan yang dihadapi dalam menjalani pola asuh dalam keluarganya.

Pada akhir sesi, peserta diminta untuk mengungkapkan apa saja yang telah didapat dalam kelas tersebut dan memperkirakan tentang poin yang akan diterapkannya di rumah.

Untuk menyaksikan videonya lebih lanjut, klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya