Empat Gerakan Yoga Melatih Keseimbangan Tubuh

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Keseimbangan tubuh menjadi faktor penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena itu, ketika berolahraga dibutuhkan gerakan-gerakan untuk melatih keseimbangan tubuh tersebut.

6 Pose Yoga Bisa Bikin Kulit Cerah dan Glowing

Dalam olahraga Yoga, terdapat gerakan yang mampu seimbangkan tubuh, salah satunya dengan peregangan otot. Berikut gerakan yang mampu menarik otot dan sendi untuk memberikan keseimbangan tubuh, seperti dilansir dari laman Prevention.

Yoga.

Destinasi Cantik dan Damai di Bali yang Cocok untuk Beryoga

1. Standing calf stretch

Berdiri dengan tegap. Gerakan satu kaki ke arah depan, dan tekuk sedikit. Tempatkan tangan di bagian kaki tersebut untuk menjaga keseimbangan. Pastikan bagian telapak kaki seluruhnya menyentuh lantai.

Deretan Kesalahan Yoga bagi Pemula, Bikin Tubuh Sakit

Jaga bagian torso tetap mengarah ke depan dengan bahu sedikit lebih maju dari pinggul. Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Ganti dengan kaki lain, lalu tahan kembali.

2. Hip strecth

Tahan posisi calf strecth, perlahan turunkan tubuh hingga lutut bagian kaki belakang menyentuh lantai. Pastikan posisi tubuh ke depan dengan bahu lebih condong sedikit ke depan.

Tahan selama 30 detik lalu ganti kaki secara bergantian. Gerakan ini menjaga agar pelvis bisa stabil saat Anda berjalan dan mencegah agar tidak terjatuh.

3. Hamstring strecth

Posisi telentang dengan satu kaki sejajar dengan lantai dan kaki lainnya diangkat ke atas dengan lurus. Dengan kedua tangan, pegang kaki yang mengarah ke atas agar menjaga keseimbangan tubuh.

Pastikan leher dalam keadaan santai dan tulang belakang menekan lantai seluruhnya. Tahan selama 30 detik, lalu ganti kaki secara berkala.

4. Quad strecth

Berdiri dengan tegap, perlahan angkat salah satu kaki hingga telapaknya menyentuh bagian bokong. Tahan kaki tersebut dengan tangan Anda.

Jika ingin lebih tertantang untuk menyeimbangkannya, tutup mata selagi menahan gerakan ini selama 30 detik. Kemudian, ganti dengan kaki satunya dan ulangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya