5 Manfaat Mengejutkan Buah Belimbing untuk Kesehatan

Buah belimbing.
Sumber :
  • parade.condenast.com

VIVA.co.id –Belimbing merupakan buah yang memiliki bentuk cukup unik, memiliki lima sisi yang kemudian membentuk pola seperti bintang. Bukan hanya bentuknya yang unik, belimbing ternyata mengandung beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Mengandung vitamin seperti, kolin, asam folat, lutein zeaxanthin, niacin, asam antothenic, riboflavin, thiamine, vitamin C, B6, dan E.

Selain itu, belimbimng juga dikenal mengandung jumlah kalsium, besi, mangan, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan zinc yang tinggi. Maka tak heran jika banyak manfaat mengejutkan dari belimbing untuk kesehatan seperti dilansir Health Benefit.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Anti kanker

Radikal bebas dan zat karsinogenik dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Belimbing memiliki kandungan tinggi antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dengan menetralisir radikal bebas sebelum mereka menyebabkan terlalu banyak kerusakan. Kandungan serat yang tinggi dalam belimbing juga membersihkan racun yang disimpan dalam usus besar dan menurunkan risiko mengembangkan kanker usus besar.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Anti-inflamasi

Belimbing memiliki jumlah tinggi antioksidan dan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi dari peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan keterlambatan perbaikan jaringan. Vitamin C mendorong keluar racun dan membantu dalam sintesis kolagen yang merupakan komponen penting untuk memperbaiki dan membentuk tulang, arteri dan pembuluh darah. Hal ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh dan menenangkan kerusakan yang disebabkan pada tingkat sel dan jaringan.

Meningkatkan produksi ASI

Beberapa wanita mengalami kesulitan memproduksi cukup ASI untuk menyusui bayi mereka yang baru lahir. Alih-alih mengambil pil hormonal, belimbing memiliki sifat yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi susu secara alami.

Kesehatan jantung

Kalium dan natrium dalam belimbing  memiliki menjaga tekanan darah. Tingkat natrium disimpan serta magnesium, merupakan mineral yang mengatur fungsi otot tubuh termasuk otot jantung. Otot-otot jantung membuat jantung berdetak dan denyut jantung yang teratur yang membuat aliran darah yang sehat.

Imunitas

Belimbing mengandung jumlah tinggi vitamin C, yang merupakan vitamin larut air yang dianggap sebagai antioksidan terbaik yang tersedia untuk tubuh. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu menangkal pilek, flu dan infeksi lainnya. Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh kita dan digunakan cukup cepat ketika kita berkeringat. Antioksidan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan mengendarai racun dan radikal bebas yang mengambil alih tubuh kita karena lingkungan, metabolisme internal dan sumber makanan.

Kulit

Radikal bebas dan racun dibersihkan dari tubuh oleh antioksidan seperti vitamin C, pembilasan racun menciptakan kulit yang lebih baik dan mengontrol jerawat. jus belimbing dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, serta mengurangi munculnya keriput.

Rendah lemak

Belimbing adalah buah rendah lemak, memiliki kandungan air yang tinggi, dnamengandung jumlah tinggi mineral dan serat. Itu membuat belimbing adalah makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Tingginya kandungan serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan secara alami mengekang nafsu makan Anda. Air buah-buahan yang kaya membuat Anda terhidrasi dengan baik saat berolahraga dan campuran yang sehat dari mineral menjaga elektrolit Anda dalam keseimbangan. Elektrolit mengelola transmisi neuro dan otot kontrol berfungsi dalam tubuh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya