Menjaga Kesehatan Payudara dengan Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau.
Sumber :
  • boldsky.com

VIVA.co.id – Ketika merawat kecantikan, wanita seringkali hanya fokus pada wajah dan kulit saja. Salah satu bagian yang diabaikan adalah payudara. Padahal merawat payudara tidak hanya merawat kecantikannya saja, namun juga kesehatannya.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Menjaga kesehatan dan kecantikan payudara bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya memerhatikan pemilihan dan pemakaian bra. Selain itu juga penting dilakukan adalah memerhatikan asupan rutin makanan.

Yang harus diperhatikan adalah menjaga hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda. Keseimbangan dua hormon tersebut dalam tubuh sangat penting untuk menjaga payudara tetap sehat. Kedua hormon tersebut berperan membantu reproduksi, salah satunya untuk memproduksi Air Susu Ibu (ASI) pada masa kehamilaan.

Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari, Kenapa?

Dilansir dari laman Boldsky meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen. Hal tersebut memang tidak mungkin dilakukan, karena hanya tubuh manusia yang mampu menghasilkan hormon tersebut.

Namun, Anda bisa menggantinya dengan menambah asupan phytoestrogen. Senyawa ini mirip dengan hormon estrogen dan memiliki fingsi yang tidak jauh berbeda dengan hormon estrogen.

Hati-Hati Jaringan Payudara Pria Membesar Membentuk Seperti Wanita, Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Senyawa phytostrogen ini banyak terkandung dalam buah, sayur-sayuran hijau, kacang dan polong-polongan. Selain phytostrogen, cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon estrogen adalah mengonsumsi daging unggas seperti ayam, burung dan bebek. Daging unggas ini mampu memicu pertumbuhan hormon estrogen.

Konsumsi makanan yang kaya anti-oksidan juga baik untuk payudara karena mereka membantu untuk menjaga kesehatan sel-sel yang ada di payudara. Ini membantu untuk membunuh sel-sel kanker payudara. Makanan seperti berry, peach, plum, brokoli, kacang walnut, minyak zaitun, salmon, peterseli dan kacang, adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidan.

Ilustrasi buah-buahan berry

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya