Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong di Pagi Hari

Air putih.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat terbangun di pagi hari, minuman apa yang Anda teguk pertama kali? Jika Anda memilih air putih, itu artinya Anda sudah membantu banyak sekali bagian tubuh Anda agar tetap sehat.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat apa saja yang Anda dapat saat mengonsumsi air di pagi hari? Berikut di antaranya dilansir laman Lifehack.

Mengeluarkan racun

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Saat minum, usus akan bergerak secara alami. Tubuh memperbaiki dirinya pada malam hari dan mengeluarkan seluruh racun dalam tubuh. Ketika Anda meneguk segelas air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong, maka racun-racun tersebut keluar dan menjadikan tubuh lebih sehat dan segar. Meminum banyak air akan membantu meningkatkan sel otot dan sel darah baru.

Meningkatkan metabolisme

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Meminum air putih saat perut kosong bermanfaat untuk meningkatkan metabolismme tubuh sekitar 24 persen. Tentu air menjadi penting bagi mereka yang menjalankan pola makan ketat. Jika metabolime meningkat, pencernaan pun semakin membaik. Segelas air di pagi hari akan membantu membersihkan usus agar dapat mencerna nutrisi lebih baik.

Mengurangi berat badan

Ketika mengonsumsi air putih saat perut kosong, artinya Anda sudah melepaskan racun-racun dan meningkatkan sistem pencernaan. Anda tidak akan merasa lapar berlebihan yang dapat menyebabkan makan berlebih di siang hari.

Meringankan heartburn dan masalah cerna

Salah cerna biasanya disebabkan oleh keasaman dalam perut. Heartburn terjadi saat asam dalam lambung naik hingga ke kerongkongan. Saat mengonsumi air ketika perut kosong, asam tersebut akan turun. Minum air putih juga baik untuk mengawali sarapan di pagi hari.

Meningkatkan kesehatan kulit

Dehidrasi menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya garis halus dan pori-pori kulit. Studi menunjukkan bahwa 500 ml air saat perut kosong dapat meningkatkan peredaran darah pada kulit dan membuatnya lebih cerah. Minum banyak air sepanjang hari membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan racun.

Membuat rambut sehat dan lembut

Tak hanya berdampak buruk bagi kulit, dehidrasi juga memengaruhi kesehatan rambut. Air berperan untuk menutrisi rambut dari dalam. 1/4 dari berat sehelai rambut terdiri atas air. Tentunya jika Anda kurang mengonsumsi air, rambut akan menjadi rusak.

Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Meminum air setelah bangun tidur penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Seperti yang telah dijelaskan, air dapat mengurangi asam pada lambung yang dapat memicu batu ginjal. Semakin banyak mengonsumsi air, risiko batu ginjal pun semakin berkurang.

Meningkatkan sistem imun

Minum segelas air di pagi hari juga bermanfaat bagi kinerja limpa. Limpa memiliki peran dalam menentukan kualitas imun. Semakin kuat sistem imun, semakin Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ilustrasi minum air putih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya