Sederet Manfaat Bangun Pagi

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bangun pagi ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang bangun pagi cenderung memiliki hidup lebih sehat ketimbang yang bangun terlambat.

5 Manfaat Bangun Pagi, Terbebas dari Stres dan Mental yang Tidak Sehat

Bahkan kebiasaaan bangun pagi diyakini bisa memperpanjang usia. Dan berikut ini sederet manfaat yang Anda dapatkan dengan bangun pagi, seperti dilansir dari Boldsky.

Mengumpulkan energi

Efek Positif Bangun Pagi, Terhindar Depresi Hingga Lebih Produktif

Bangun pagi akan memberikan energi segar, baik untuk mental dan fisik, sehingga Anda bisa menjalankan hari-hari dengan produktif. Mulailah pagi hari Anda dengan beribadah atau berolahraga sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Kebiasaan ini akan membuat Anda tetap tenang di tengah kesibukan.

Punya banyak waktu

Lakukan Rutinitas Pagi Ini Seperti Putri Diana, Bikin Tetap Bugar

Anda harus ingat bahwa Anda hanya punya waktu 24 jam dalam sehari untuk menyelesaikan seluruh tugas. Bangun pagi akan memberi Anda waktu ekstra untuk mengerjakan berbagai keperluan. Anda juga bisa mengatur jadwal khusus untuk dilakukan setiap hari.

Konsentasi terbaik adalah di pagi hari

Di pagi hari, pikiran masih segar dan keadaan sekitar masih belum begitu bising, sehingga Anda bisa lebih konsentrasi saat mengerjakan sesuatu. Bagi para pelajar, mengulang pelajaran di pagi hari sangat dianjurkan.

Sarapan

Bangun pagi akan memberi kesempatan Anda untuk bisa sarapan. Sarapan penting untuk asupan energi beraktivitas di siang hari. Melewatkan sarapan atau terlambat sarapan akan membuat tubuh rentan terhadap serangan penyakit.

Olahraga

Selain bisa sarapan, Anda juga bisa olahraga sebelum melakukan aktivitas lain jika bangun pagi. Di pagi hari, udara masih bersih dan segar, sehingga berolahraga atau berjalan-jalan santai sejenak menjadi lebih menyenangkan. Berolahraga di pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh dan baik untuk persiapan menghadapi kegiatan berikutnya.

Ilustrasi olahraga

Orang sukses bangun pagi

Jika Anda memiliki cita-cita yang tinggi, tidak ada gunanya begadang hingga tengah malam. Labih baik Anda mulai pekerjaan di pagi hari, sehingga Anda punya waktu istirahat yang cukup di malam hari.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya