Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Picu Masalah Kardiovaskular

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Garam bukan hanya bisa menambah rasa pada makanan, tapi juga bisa memengaruhi tubuh kita dengan cara yang tidak pernah terbayang.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Sebagai sumber yodium, garam bermanfaat untuk mencegah penyakit gondok. Tapi, terlalu berlebihan mengkonsumsi garam dapat mengganggu kondisi tubuh. Berikut ini adalah efek buruk garam berlebih pada tubuh seperti dilansir Times of India.

1. Kembung

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Tidak nyaman dengan masalah kembung? Solusinya adalah dengan mengurangi asupan garam. Mengonsumsi banyak garam akan meningkatkan kadar sodium dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan yang mengakibatkan kembung.

2. Tekanan darah tinggi

Gak Habis Pikir Rayakan Lebaran Tanpa Ayah, King Nassar: Tahun Kemarin Aku Sakit, Tahun Ini Abah

Semakin banyak asupan garam, semakin banyak sodium dalam tubuh, dan semakin banyak sodium, semakin tinggi tekanan darah. Menurut beberapa penelitian, mengurangi garam sekitar 4,6 gram dapat menurunkan tekanan darah. Bayangkan bagaimana efek buruk tekanan darah tinggi bagi Anda, sehingga Anda perlu mengontrol jumlah sodium dalam tubuh.

3. Risiko sakit jantung

Terlalu banyak kadar sodium dapat berujung pada penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke. Konsumsi garam  berlebih dapat melipatgandakan risikonya. Orang yang rentan terhadap penyakit ini adalah perokok, orang tua, penderita diabetes, dan orang dengan tekanan darah tinggi. Jika Anda masuk salah satu kategori ini, perhatikan asupan garam Anda.

Pria alami serangan jantung.

4. Kemampuan kognitif memburuk

Meningkatnya tekanan darah berhubungan dengan masalah otak. Orang yang mengkonsumsi banyak garam dan menjalani gaya hidup malas bergerak akan membuat tubuh mereka rentan mengalami penurunan kemampuan kognitif.

5. Masalah ginjal

Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan gagal ginjal. Tekanan darah tinggi menyebabkan tekanan lebih pada arteri sehingga mengakibatkan gagal ginjal. Menurut sebuah penelitian, ketika seseorang yang mengalami masalah ginjal mengurangi konsumsi garam, terjadi perbaikan dalam fungsi ginjal mereka.

6. Ingin terus makan garam

Seringkali orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi garam dengan jumlah tinggi akan membuat indera perasa mereka menginginkan lebih banyak lagi.

7. Masalah kulit

Kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan masalah busung yakni sebuah kondisi di mana tangan, kaki, atau pergelangan kaki membengkak. Meski ini adalah kasus yang jarang, namun kelebihan garam dapat menyebabkan kulit membengkak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya