Enam Kebiasaan Ini Bisa Merusak Gigi

ilustrasi gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat menghilangkan keindahan senyum Anda. Kebiasaan yang buruk, bisa merusak kondisi gigi sehingga warna gigi tak cemerlang lagi.

Meski Tak Disadari, Ini 6 Hal yang Ternyata Tak Baik Untuk Gigi

Dr Sameer Patel, seorang direktur klinis di Elleven, sebuah praktik spesialis gigi dan mulut, memberikan daftar enam kebiasaan sehari-hari yang berakibat buruk pada gigi seperti dilansir The Sun.

1. Minum Jus dan Smoothies Sayuran

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Dr Patel memperingatkan, jus dari buah dan sayur cenderung memiliki kandungan asam yang tinggi yang dapat merusak enamel gigi sama seperti minuman bersoda. Gula alami buah juga merupakan penyebab umum gigi berlubang. Minumlah dalam jumlah minimal dan pastikan gunakan sedotan saat meminumnya. Dan, tunggu 30 menit sebelum Anda menyikat gigi setelah minum smoothies.

2. Mengunyah Es Batu

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Menurut Dr Patel, tekanan dan perubahan suhu yang cepat dapat membuat enamel gigi stres dan menyebabkan gigi retak. Retakan yang serius dapat merusak pulpa atau saraf gigi yang menimbulkan abses atau infeksi. Selain itu, juga dapat mengiritasi jaringan lembut di gigi yang menyebabkan sakit gigi.

3. Piercing di Daerah Mulut

Membuat piercing di lidah, bibir, dan pipi dapat menyebabkan masalah gigi serius, seperti infeksi, rasa sakit, bengkak, dan pendarahan panjang. Selain itu, aksesoris fesyen ini juga dapat menggangu fungsi normal mulut seperti berbicara, makan, dan menelan. Benda ini juga dapat memicu masalah gusi, gusi menyusut dan berisiko membuat gigi rusak.

4. Makan Popcorn

Ketika memakan popcorn dan secara tidak sengaja menggigit jagung yang tidak mengembang, gigi Anda akan retak. Dan jika sisa popcorn terselip di antara gigi, dapat menyebabkan infeksi dan bahkan abses gigi.

popcorn

5. Menggunakan Gigi Sebagai Alat

Dr Patel menjelaskan, orang yang sering menggunakan gigi mereka sebagai alat untuk memotong, merobek, atau membuka berbagai macam benda, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dan kekuatan gigi.

6. Konsumsi Minuman Panas

Perubahan suhu pada gigi dapat menyebabkan gigi retak. Konsumsi minuman panas atau sangat dingin juga dapat memicu sakit gigi dan, kata Dr Patel, minuman seperti ini merupakan penyebab utama gigi kusam dan berwarna kuning.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya