Bunga Kamomil, Bisa Atasi Gangguan Kecemasan

BUnga Kamomil
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Tumbuhan Chamomile (Kamomil) termasuk dalam kelompok familia bunga aster dan berasal dari daerah Eropa dan Asia Timur. Bunga yang memiliki aroma khas ini, jika putik dan kelopaknya dikeringkan bisa digunakan untuk membuat teh herbal, salep, bunga rampai, shampo, obat-obatan herbal, dan kosmetik.

Pertama di Solo, Rumah Sakit Resepkan Obat Herbal

Selain itu bunga kamomil juga terkenal khasiatnya bagi kesehatan. Manfaat tersebut sudah diketahui sejak zaman Romawi dan Yunani.

Chamomile Inggris (Anthemis nobilis) dan chamomile Jerman (Matricaria chamomilla) adalah jenis yang paling sering digunakan untuk tujuan pengobatan. Apa saja manfaatnya? Berikut di antaranya dilansir laman Live Strong.

Teh Bunga Telang Ternyata Ampuh Cegah Kanker, Begini Penjelasan Pakar

Mengatasi gangguan kecemasan

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Psychopharmacology, kamomil dikenal baik untuk mengatasi gangguan rasa cemas. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa gejala gangguan ini menjadi berkurang dengan menggunakan bunga ini. Minyak esensial kamomil bisa dioleskan pada kulit untuk mengatasi gangguan ini.

BPOM Sebut Minum Jamu Kunyit Ampuh Jaga Imunitas di Musim Hujan

Menyejukkan kulit

Kamomil adalah pelembap alami kulit dan dikenal baik untuk mengatasi sunburn. Cukup buat larutan kamomil dengan air lalau masukkan dalam botol semprot. Panaskan air lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial kamomil dan dinginkan selama 1 jam.

Membuat rileks

Kamomil dapat bertindak sebagai senyawa anti-inflamasi yang dapat meredakan berbegai masalah kulit seperti iritasi atau melepuh. Salah satu caranya adalah dengan berendam dalam air yang sudah di campur dengan beberapa tetes minyak esensial kamomil.

Teh kamomil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya