Makanan Wajib untuk Kesehatan Otak Anak

Ilustrasi makanan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Otak anak berkembang dengan sangat cepat, karena itu penting untuk mendampingi perkembangan anak dengan nutrisi yang tepat. Memulai untuk memberi asupan sehat pada anak sejak dini akan membantu mereka membiasakan pola makan sehat di kemudian hari.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Dilansir laman Kidspot, Psikatris, Drew Ramsey mengatakan, bahwa anak-anak mengalami perkembangan otak yang kritis dan apa yang mereka makan dapat memengaruhi kemampuan kognitif dan fokus mereka. Berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi si kecil agar memiliki perkembangan otak yang baik.

Telur

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Telur mengandung senyawa yang disebut choline. Senyawa ini berperan dalam pembentukan acetylcholine, yaitu zat yang penting untuk kemampuan mengingat anak.

Yoghurt

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Yoghurt bisa diberikan sejak dini. Usahakan untuk memberikan yoghurt murni karena kandungan gulanya tidak sebanyak yoghurt yang sudah memiliki aneka varian rasa. Yoghurt mengandung lemak sehat dan protein yang penting untuk kesehatan perkembangan otak anak.

Anda perlu tahu bahwa sebagian besar otak terdiri dari lemak, oleh karena itu lemak sehat baik untuk perkembangan otak. Protein dalam hal ini membantu sel otak mengirim dan menerima informasi secara efektif. Tak hanya baik untuk otak, yoghurt juga bsa Anda jadikan sumber probiotik alami yang baik untuk kekebalan sistem imun.

Sayuran hijau
 
Semakin dini Anda memberikan sayur pada anak, maka semakin terbiasa mereka dengan rasa sayur. Sayuran seperti bayam, kangkung dan lobak memiliki kandungan asam folat, vitamin, mineral, antioksidan dan zat besi. Semua nutrisi tersebut baik untuk kesehatan otak.

Ikan

Salmon, makarel dan tuna adalah ikan yang kaya kandungan omega3. Kandungan ini dibutuhkan untuk perkembangan fungsi otak. Selain itu, ikan juga kaya kandungan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan menunjang kekebalan tubuh.

Oatmeal atau bubur gandum

Sarapan adalah asupan penting yang perlu dipenuhi. Mulailah hari si kecil dengan memberikan makanan sehat. Makanan sehat baik untuk konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Ilustrasi balita makan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya