Jangan Minum 5 Minuman Ini Sebelum Berolahraga

Berolahraga.
Sumber :
  • Pixabay/Skeeze

VIVA.co.id – Menjalani kegiatan olahraga di pusat kebugaran menjadi hal yang mulai banyak digemari oleh masyarakat. Tentunya ini bertujuan untuk mengisi waktu luang dan mendapatkan tubuh idaman yang sehat. Namun, Jika Anda ingin berhasil tentu ada aturan yang harus Anda ikuti, salah satunya mengonsumsi minuman.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Terdapat beberapa minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga karena minuman ini akan membuat target Anda berantakan. Berikut lima minuman yang sebaiknya Anda hindari sebelum melakukan gym dilansir laman fitstylelife.

Minuman berenergi mengandung susu

Hindari Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadhan Dengan 3 Tips Ini!

Jika Anda ingin sehat, maka susu dapat menjadi satu pilihan. Namun, jangan konsumsi minuman ini sebelum berolahraga. Minuman berenergi dengan kandungan susu ini mengandung banyak protein, karbohidrat dan lemak. Selain itu, minuman ini akan menambah gas dalam perut dan memicu Anda untuk kentut. Jika Anda butuh asupan protein, Anda coba dengan protein whey. Keduanya dapat dicerna tubuh lebih cepat ketimbang makanan kaya lemak dan karbohidrat ekstra.

Minuman aneka rasa buah

5 Dampak Buruk Dehidrasi Terhadap Kesehatan Tubuh yang Harus Diwaspadai

Minuman ini biasanya menjadi pilihan banyak orang karena mengandung banyak gula dalam bentuk sirup jagung dengan kadar fruktosa tinggi. Namun, tidak semua minuman buah demikian, Anda perlu perhatikan label minuman, pastikan tidak mengandung gula yang tinggi. Atau Anda bisa ganti minuman ini dengan air dilengkapi potongan buah atau air kelapa.

Soda

Jika Anda mengonsumsi soda sebelum berolahraga hal itu dapat memicu sakit perut dan kembung. Meskipun minuman ini mengandung sodium yang tinggi dan baik untuk mengatasi dehidrasi, namun tidak disarankan karena biasanya minuman soda juga mengandung pemanis buatan di dalamnya sehingga memiliki dampak buruk untuk kesehatan misalnya mengurangi daya ingat, mood swing, pusing dan migrain.

Sport drink

Banyak minuman yang khusus diciptakan untuk dikonsumsi sehabis berolahraga. Beberapa diantaranya menjanjikan mampu menambah energi dan ion yang terbuang selama berolahraga. Namun, sebetulnya minuman ini tidak memiliki pengaruh banyak menggantikan ion Anda.

Kebanyakan sport drink ini memiliki kadar gula tinggi yang justru tidak dianjurkan bagi tubuh Anda. Saat kadar gula meningkat, maka Keadaan tersebut akan mengacaukan hormon dan memperlambat proses pemulihan diri pascaberolahraga. Jika Anda khawatir dengan berkurangnya elektrolit tubuh Anda, cukup menggantikannya dengan mengonsumsi air mineral.

Alkohol

Jangan konsumsi alkohol sebelum berolahraga meskipun dalam kadar kecil. Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi dan mengganggu keseimbangan tubuh. Selain itu, alkohol juga akan memengaruhi daya pikir dan memicu peradangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya