Aturan Dasar Pemberian MPASI Bayi dan Batita

Ilustrasi makanan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI pada buah hati untuk pertama kalinya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi ibu. Tak hanya harus memilih jenis makanan yang tepat, pemberian MPASI juga punya aturan yang harus diikuti.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Dr. dr. Damayanti R. Syarief, Sp.A(K) memaparkan ada beberapa prinsip dasar pemberian makanan pada bayi dan batita (food rules) yang harus diikuti oleh orangtua.

Yang pertama adalah harus terjadwal. Di mana orangtua dalam memberikan makanan termasuk snack harus teratur dan terencana.

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

"Lama makan maksimum 30 menit dan di antara waktu makan hanya boleh mengonsumsi air putih," kata Damayanti saat seminar dan talkshow MPASI oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 9 November 2016.

Selain itu, lingkungan harus netral. Jangan memaksakan makan, meskipun hanya makan 1-2 suap. Yang terpenting, perhatikan tanda lapar dan kenyang pada buah hati.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Damayanti juga mengingatkan agar jangan memberikan makanan sebagai hadiah dan tidak memberikan makan sambil anak bermain atau menonton televisi.

Lalu, prosedur makan juga harus diperhatikan, yaitu porsi yang diberikan adalah porsi kecil. Jika dalam 15 menit bayi menolak makan, mengemut, sebaiknya hentikan pemberian makan.

"Sebaiknya stimulasi bayi untuk makan sendiri. Dan bersihkan mulutnya hanya setelah selesai makan," kata Damayanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya